Ini Syarat Agar Diet GM Berhasil dalam Jangka Panjang

By Dini Felicitas, Selasa, 15 Agustus 2017 | 05:30 WIB
Diet Kesuburan Agar Cepat Hamil (Heni)

Nakita.id - Beberapa waktu belakangan ini, muncul diet yang cukup kontroversial, yang kabarnya bisa menurunkan berat badan hingga tujuh kilogram dalam waktu satu minggu. Namanya adalah diet GM atau General Motors Diet (baca: Turunkan 4 Kilo dalam 5 Hari Tanpa Rasa Lapar dengan Diet GM).

Ini adalah diet rendah karbohidrat dikembangkan oleh perusahaan General Motors untuk membantu menjaga kesehatan karyawan mereka dan sangat terkenal pada tahun 1980-an. Menurut situs General Motors, prinsip diet ini adalah bahwa makanan yang dikonsumsi akan membakar lebih banyak kalori daripada yang disediakan untuk tubuh. Hal ini akan menyebabkan efek kalori negatif dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan secara alami tanpa olahraga apapun.

Ahli diet Australia, Susie Burrell, menjelaskan, seseorang yang menjalani diet rendah karbohidrat ini, mungkin saja berhasil sukses. Tapi sayangnya, diet semacam ini kemungkinan besar tidak akan berkelanjutan. Dengan membatasi konsumsi jenis kelompok makanan apa pun, secara otomatis tubuh akan "membatasi kalori secara alami". Masalahnya, kebanyakan orang tidak ingin makan hanya satu atau dua jenis makanan sepanjang hari, bahkan hanya untuk jangka waktu singkat.

"Masalah utama dengan diet GM adalah rata-rata orang tidak mungkin melanjutkannya. Tidak ada yang terlalu istimewa, dan ini hanyalah pendekatan diet baru. Diet jenis apa pun akan berhasil jika orang-orang menaatinya dalam jangka panjang,” ujar Burrell, yang saat ini menjadi ahli diet di Sydney University Sport.

Ada pun keberhasilan diet dalam jangka panjang tergantung dari pilihan diet yang sesuai untuk masing-masing orang. "Jadi kalau pendekatan ini cocok untuk Anda, silakan saja," katanya.

Apa Saja yang Boleh Dimakan? Diet GM sendiri merupakan diet yang cukup ketat karena target penurunan berat badan harus sukses dalam waktu satu minggu. Bagi yang melakukannya, satu minggu tersebut adalah minggu yang panjang dan berat.

Hari pertama, yang boleh dikonsumsi adalah buah-buahan yang mengandung banyak air, sementara pisang sama sekali tidak boleh dimakan. Pada hari kedua, diet dimulai dengan dengan kentang ukuran besar yang dipanggang dengan mentega atau minyak zaitun. Semua jenis sayuran boleh dimakan dan stop konsumsi buah apa pun. Di hari ketiga, campur semua buah dan sayur di dua hari sebelumnya, kecuali kentang dan pisang.

Hari keempat, pisang sudah boleh dikonsumsi, berikut susu yang juga dilarang dari hari pertama. Untuk makanan utamanya, buatlah "Wonder Soup" ala GM yang berisi kol, seledri, bawang merah, dan paprika hijau. Menurut ahli diet terapan, Lisa Renn, sup ini sangat baik karena berasal dari sayuran rendah pati yang bagus untuk tubuh.

Pada hari kelima, boleh mulai makan daging merah, daging ayam, dan ikan, ditambah lima atau enam buah tomat. Hari keenam, semua jenis daging dan sayuran bisa dinikmati tanpa batas, kecuali kentang. Di hari ketujuh atau hari terakhir, nasi merah dimakan di pagi hari, diikuti oleh jus buah serta sebanyak mungkin sayuran dan buah yang disuka.

Menurut situs GM Diet, umumnya berat badan akan turun dalam tiga hari pertama diet, karena itulah tiga hari yang paling ketat. Pada hari pertama hingga ketiga itu makanan yang Ibu makan sangat rendah kalorinya, hanya sekitar 1.000-1.200 kalori sehari. Dan karena merupakan diet rendah karbohidrat dan tidak akan berlangsung lama, hanya olahraga dengan intensitas rendah yang boleh Ibu lakukan, seperti yoga.

Sebagai seorang ahli diet terapan, Renn merekomendasikan hanya mengikuti diet ini hanya selama satu minggu dan setelah itu melihatnya sebagai cara untuk memulai jalan hidup yang lebih sehat. Menurutnya, Diet GM bagus untuk belajar tentang bagaimana mengonsumsi makanan sehat dalam jangka panjang, tapi diet itu sendiri tidak untuk dilakukan seterusnya. Diet GM ini hanya boleh dilakukan sebulan sekali. Selepas tujuh hari Ibu harus tetap menjaga pola makan yang sehat (tidak lantas kembali ke pola makan yang berantakan seperti sebelumnya). Jika masih ingin menurunkan berat badan, ulangi pada bulan berikutnya.