Si Kecil Senang Menyanyi dan Menari Baby Shark? Ternyata, Ini Manfaat Tak Terduga!

By Saeful Imam, Senin, 14 Agustus 2017 | 23:45 WIB
Manfaat menyanyi dan menari untuk anak yang tidak terduga (Saeful Imam)

Nakita.id – “Baby Shark doo... doo.. doo... doo... doo...” Lagu yang sedang terkenal ini memang disukai banyak orang! Tak hanya anak-anak saja, di media sosial beredar berbagai video orang dewasa yang ikut menari lagu sederhana ini. Selain membuat si kecil senang karena gerakan dan nadanya yang riang, siapa sangka ada banyak manfaat tak terduga!

Lagu yang diikuti dengan gerakan sederhana ini ternyata membawa manfaat yang tidak terduga. Menurut psikolog Roslina Verauli, M.Psi, menari dan bernyanyi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua untuk meningkatkan hubungan yang baik.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi Dari Menyanyi Untuk Bayi

Vera merekomendasikan agar orang tua masuk ke dalam level playing field. “Sebagai orang tua sebaiknya kita memposisikan diri sebagai teman mereka. Komunikasi yang dibangun harus akrab dan dua arah. Hal ini tidak hanya membentuk anak cerdas tetapi jadi sosok yang peduli,” tambahnya dalam tabloid Nakita Edisi 931.

Lalu, kegiatan apa yang bisa masuk ke dalam playing field? Ternyata,bernyanyi dan menari jawabannya! Selain itu, kegiatan menyenangkan ini bisa meningkatkan pertumbuhan anak.  Kegiatan sederhana ini bahkan dapat menstimulasi IQ dan EQ anak. Selain kegiatannya sederhana, menari dan bernyanyi juga dapat meningkatkan quality time antara Ibu dan anak.

Baca juga: Anak Belajar Disiplin dan Percaya Diri dengan Bermusik dan Menari 

Ternyata, musik dapat menstimulasi seluruh bagian otak terutama jika anak sedang bernyanyi mereka bisa mendapatkan stimulasi bahasa dan berbagai kosa kata baru dari nyanyian. Bagaimana dengan tarian? Anak akan menjadi stabil artinya koordinasi tangan dan kakinya juga semakin baik dan lancar.

 Anak juga semakin lancar dalam memegang benda dan bergerak dengan beraturan. “Gerakan yang terkoordinasi seperti menari dapat merangsang hormon neurotrophins yakni zat alami yang merangsang pertumbuhan sel saraf yang menjadikan anak siap untuk belajar,” ujar Vera.

Baca juga: Anak yang Belajar Musik Lebih Berhasil Dalam Tes 

Berbagai studi juga menunjukkan berbagai manfaat jika mengajak si kecil bernyanyi dan menari. Studi pada 2013 di  Great Ormond Street Hospital, Inggris menemukan bahwa anak-anak akan lebih tidak merasa cemas dan sakit saat terbiasa menyanyikan lagu sebelum tidur. Manfaat ini bahkan tidak ditemukan pada orang tua yang membacakan cerita kepada anak sebelum tidur.

Dikutip dari Majalah Family Talk, menari ternyata dapat membantu anak bagaimana bekerja sama dengan orang lain. Ia akan belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain dengan menari. Yuk mulai sekarang semakin sering ajak si kecil menari dan menyanyi!