Punya Rumah Kecil? 5 Cara Ini Bisa Membuat Rumah Terlihat Lebih Luas dan Lega

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 15 Agustus 2017 | 22:00 WIB
Rumah kecil terlihat besar dan lega bisa dilakukan dengan trik muda (Santi Hartono)

Nakita.id – Keterbatasan lahan serta dana untuk membeli rumah membuat kita kadang memiliki rumah dengan luas tak seberapa. Jangan merasa tak puas dengan rumah kecil karena tidak lega dan luas. Justru, Ibu bisa mencoba cara-cara berikut yang bisa menyulap rumah kecil jadi terlihat lebih luas dan lega.

Baca juga: Rumah Aman untuk Batita Yang Mulai Berjalan

1.Penempatan cermin

Cermin merupakan sahabat yang baik untuk ruang kecil. Cermin dapat memantulkan cahaya ke seluruh ruangan sehingga membantu untuk mencerahkan, terlebih membuat ruangan terasa lebih besar. Untuk hasil terbaik, gantunglah cermin di seberang jendela. Hal ini akan memaksimalkan pantulan cahaya ke dalam ruangan. Titik lain yang tak kalah baiknya adalah seberang pintu. Hal ini akan memberikan persepsi ruangan menjadi lebih lebar.

2.Tambahkan tirai

Pasanglah tirai di beberapa ruangan dalam rumah yang terlihat sempit. Cara yang tepat dalam pemasangan tirai di ruang yang sempit adalah dengan membuatnya tergantung. Bila memungkinkan, gantunglah batang tirai mendekati langit-langit. Ini membuat mata Ibu menarik ke atas dan secara psikologis membuat kesan ruangan kecil merasa lebih besar.

Tip lain, gunakan batang tirai yang lebih panjang, melewati lebar jendela. Ketika tirai terbuka maka cahaya matahari akan terungkap maksimun. Ruangan dengan pencahayaan alami mampu membuat pemandangan mata terlihat lebih luas.

Baca juga: Ajari Anak Cara Membersihkan Rumah

3.Pilih warna yang gelap atau terang jangan abu-abu

Untuk ruangan kecil, pemilihan warna dinding sangatlah penitng. Warna terbaik untuk ruangan kecil adalah dinding dengan warna sangat terang atau sangat gelap, jangan abu-abu. Dinding warna terang bekerja dengan baik untuk ruangan kecil karena akan membuat ruangan terasa terang dan terbuka layaknya museum seni.

 Tetapi, itu bukanlah pilihan satu-satunya. Dinding warna gelap juga membuat ruang kecil tampak lebih besar. Jika Ibu memunyai cahaya alami yang sangat baik di ruangan yang gelap, maka itu dapat menjadi poin luar biasa di ruangan yang kecil.

Baca juga: 7 Kiat Sederhana Membentuk Kreativitas Anak di Rumah