5 Fakta Seputar Congenital Rubella Syndrome, Penyakit Serius Anak Akibat Ibu Terinfeksi Rubella Saat Hamil

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 16 Agustus 2017 | 00:00 WIB
Menurut Center for Disease Control and Prevention di Amerika, bayi yang terkena CRS perlu dipantau dan dijaga karena penyebaran virus Rubella sangat mudah. (Santi Hartono)

Nakita.id – Rubella pada kehamilan tidak berdampak langsung pada Ibu. Namun, virus ini dapat mengganggu pertumbuhan janin. Gangguan yang terjadi pada anak yang lahir dari Ibu terinfeksi Rubella disebut mengalami Congenital Rubella Syndrome (CRS). Sindrom ini merupakan penyakit serius yang tak bisa dianggap remeh. Berikut 5 fakfta yang perlu Ibu ketahui seputar penyakit ini.

Baca juga: Mengenal Bahaya Campak dan Rubella, Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Imunisasi MR

1. Anak terkena virus Rubella saat berada dalam kandungan

Anak yang mengalami CRS merupakan akibat dari infeksi virus Rubella saat ia berada di dalam kandungan. Biasanya virus ini menyerang janin di trimester awal kehamilan. Virus yang ada di dalam darah ibu hamil bisa dengan mudah menyebar ke janin melalui plasenta.

2.Memunculkan gejala tertentu

Saat bayi lahir, Ibu mungkin tak mengetahui bahwa si kecil terkena CRS. Sebagian mungkin terlihat karena lahir dengan kondisi cacat. Namun, ada pula anak yang terdiagnosis CRS setelah muncul beberapa gejala.

Gejala yang umum terjadi antara lain kornea berwarna putih, mengantuk yang berlebihan, mudah jengkel atau marah sehingga menjadi gampang rewel, berat badan  lahir rendah, kejang, ukuran kepala lebih kecil serta mengalami ruam kulit saat lahir.

Baca juga: Mengenal Penyakit Rubella pada Kehamilan yang Dapat Mengancam Pertumbuhan Janin

3. Menyebabkan berbagai masalah serius dan komplikasi

Setelah terdiagnosis CRS, anak biasanya mulai menunjukkan masalah yang cukup serius dan kompleks. Pada beberapa anak mungkin mengalami katarak, kelainan jantung, gangguan pendengaran, masalah pada otak, keterlambatan perkembangan hingga bermasalah pada tulang.

4. Bisa menyebarkan virus Rubella

Anak yang terkena CRS bisa ikut menyebarkan virus Rubella. Menurut Center for Disease Control and Prevention di Amerika, bayi yang terkena CRS perlu dipantau dan dijaga karena penyebaran virus Rubella sangat mudah. Jika Ibu hamil yang tertular, maka risiko yang sama juga dapat terjadi pada janin yang dikandung.