Pertama di Indonesia! Perusahaan ini Berikan Cuti Hamil dan Melahirkan Hingga 6 Bulan!

By Saeful Imam, Rabu, 16 Agustus 2017 | 06:45 WIB
Cuti 6 bulan bagi karyawati hamil di perusahaan Danone (Saeful Imam)

Nakita.id - Tahukah Ibu dengan Danone? Mungkin sebagian ada yang mengetahuinya, tapi bila produk-produknya disebut, yakinlah pasti tahu. Ada air minum Aqua, VIT, SGM, dan masih banyak lagi.

Salah satu program Danone yang perlu mendapatkan acungan jempol adalah usahanya menyukseskan kebijakan untuk mendukung tumbuh kembang anak di 1000 Hari Pertama Awal Kehidupan mulai dari anak di dalam kandungan hingga berusia 2 tahun.

Kebijakan perusahaan yang ramah keluarga (family friendly) diwujudkan tidak hanya dengan pemberian tunjangan kesehatan dan fasilitas kerja yang nyaman untuk karyawan dan karyawati, namun juga diwujudkan dengan pemberian cuti hamil dan melahirkan selama enam bulan bagi karyawan perempuan serta 10 hari bagi karyawan pria yang istrinya melahirkan.

Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin mengemukakan, Danone di Indonesia merupakan salah satu perusahaan swasta yang mempelopori pemberian cuti hamil dan melahirkan selama 6 bulan bagi karyawati serta 10 hari bagi karyawan yang istrinya sedang melahirkan. Kebijakan yang sudah berjalan 1 tahun ini (mulai diberlakukan Agustus 2016) Tujuan utamanya adalah untuk memberikan waktu intensif kepada ibu yang baru melahirkan sehingga bisa menemani buah hatinya yang baru lahir.

"Sejak awal diberlakukan, kebijakan ini mendapat tanggapan positif dari karyawan.Kami ingin menjadikan perusahaan kami sebuah perusahaan yang ramah keluarga (family friendly)," ujarnya.

Lebih lanjut, kebijakan tersebut juga diharapkan mampu menarik karyawati dan karyawan untuk tetap bekerja dan berprestasi di perusahaan walaupun karyawati tersebut sudah menjadi seorang ibu.

Kebijakan ini menjadi salah satu strategi kelompok perusahaan Danone di Indonesia yang terdiri dari Nutricia Sarihusada, dan Aqua, untuk menarik minat calon pekerja yang handal dan berprestasi.

Menurut Evan Indrawijaya, HR Director Danone ELN Indonesia, sekarang ini, generasi baru milenial tidak sekadar mencari dan mempertahankan pekerjaan lantaran faktor uang/gaji.

Mereka juga memiliki pertimbangan-pertimbangan lain, termasuk kebijakan yang dimiliki oleh perusahaan serta suasana dan lingkungan kerja.

"Oleh karena itu, kami ingin memastikan supaya para pencari nafkah itu bisa bekerja dengan nyaman, terutama ibu hamil serta menyusui bisa berangkat dan pulang kerja dalam kondisi yang baik. Di kantor pun kami sediakan ruang menyusui, ada juga lemari pendingin untuk menyimpan ASI (air susu ibu) perah," ungkapnya.

Dalam kesempatan terpisah, psikolog anak dan remaja Sutji Sosrowardjojo mengemukakan, lingkungan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Seorang ibu yang juga berprofesi sebagai wanita karier memerlukan suasana kerja yang bisa mendukung pemenuhan hak anak, terlebih ketika sang buah hati masih berada pada momentum paling penting, yaitu 1.000 hari pertama kehidupan.