Tidak Disangka, 5 Makanan Asli Indonesia Ini Dijual dengan Harga Tinggi di Jepang

By Saeful Imam, Jumat, 18 Agustus 2017 | 04:15 WIB
Tidak Disangka, 5 Makanan Asli Indonesia Ini Dijual dengan Harga Tinggi di Jepang (Saeful Imam)

Nakita.id - Makanan asli Indonesia memang terkenal lezat dengan aneka rempah-rempah terbaik yang semakin menambah selera makan kita. Ada rendang, nasi goreng, dan juga gado-gado yang menjadi primadona dan tak jarang warga asing yang datang ke Indonesia juga menyukainya.

Tapi ternyata, jika makanan-makanan ini dijual dengan harga wajar di negeri sendiri, berbeda halnya jika dijual di Negara Jepang yang harganya bisa meningkat dua kali lipat atau bahkan lebih hingga lima kali lipat. Wah mahal sekali ya, Bu?

Dilansir dari Grid.id, berikut lima makanan Indonesia yang punya harga tinggi di Jepang!

1# Tempe

Siapa yang tak suka dengan gurihnya tempe asli Indonesia? Makanan yang terkenal lezat dan sangat disukai semua kalangan masyarakat ini juga dipilih karena harganya yang super murah.

Tak hanya itu, tempe juga memiliki nilai gizi baik untuk tubuh, seperti tinggi kandungan protein nabati, asam amino, vitamin B,  zat besi, zinc, isoflavon, riboflavon, lemak nabati, fosfor, karoten.

Tempe bahkan disarankan untuk menjadi MPASI bayi di usianya yang ke-6 bulan atau lebih.

Nah, kalau di Jepang, ternyata tempe bisa dibandrol dengan harga sangat tinggi, sekitar Rp110.400,-

 

2# Gado-gado

Makanan yang sudah dikenal pada era dulu ini masih disukai masyarakat Indonesia, begitu pula di negara-negara luar, seperti Jepang. Olahan sayuran dengan tambahan saus kacang yang memanjakan lidah para penikmatnya ini sangat cocok untuk ibu-ibu yang vegetarian atau berdiet.

Tak heran, jika kuat dari saus kacangnya ini membuat warga asing turut jatuh cinta dengan rasanya. Sayangnya di Jepang, satu porsi gado-gado ini dihargai sekitar Rp142.800,-. Luar biasa mahal ya, Bu?

 

3# Nasi Goreng

Sudah tidak ada yang meragukan kenikmatan rasa nasi goreng yang kaya rempah-rempahnya. Tidak hanya dicintai masyarakat Indonesia, nasi goreng yang mudah diolah dan bisa dihidangkan dengan aneka bumbu dan topping ini juga sangat disukai warga asing asal Jepang.

Meskipun terkesan sederhana dan harganya yang murah meriah, tapi di Jepang, harga satu porsi nasi goreng bisa dikenakan biaya sebesar Rp132.000,-. Bagaimana menurut Ibu?

4# Pisang Goreng

Gorengan yang dicintai masyarakat Indonesia ini menjadi primadona karena rasanya yang enak, pilihannya yang banyak dengan sensasi kriuk-kriuk di mulut serta harganya yang super murah per buahnya. Tapi, ada salah satu gorengan manis yang ternyata juga di jual di Jepang.

Dia adalah pisang goreng! Ya, selain rasa manis yang bikin ketagihan, pisang yang dimakan tanpa diolah pun juga sehat untuk bayi dan anak-anak kita karena kandungan potasium yang baik untuk kinerja otak dan mood anak-anak. Selain itu pisang juga bisa dijadikan MPASI bayi.

Namun, pisang goreng yang dijual di Jepang dijual dengan harga Rp104.400,-

5# Saus Sambal

Saus sambal menjadi andalan masyarakat Indonesia yang mayoritas suka makanan-makanan pedas. Ada yang suka menambah cabe langsung, atau saus sambal yang tak kalah memberi sensasi pedas.

Sedihnya, di Jepang harga saus sambal mahal sekali. Satu botolnya dikenakan biaya kisaran Rp49.200 – Rp72.480,-

Jadi, masih ingin makan makanan ini di Jepang?

 

(Artikel ini sudah ditayangkan di Grid.id dengan judul: Siapa Sangka, Di Jepang 6 Makanan Indonesia Ini Punya Harga Selangit, Bikin Nggak Doyan Makan)