Hati-hati, Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Ini Saat Hamil Tingkatkan Risiko Gangguan Mental Anak

By Saeful Imam, Selasa, 22 Agustus 2017 | 06:30 WIB
Ibu hamil amat disarankan mengonsumsi ikan, kenapa? (Dini Felicitas)

Nakita.id - Asupan makanan selama hamil memang perlu dijaga dan diawasi ketat. Pasalnya, terlalu banyak protein yang hadir dalam daging, keju, dan kacang berisiko meningkatkan risiko skizofrenia pada perkembangan bayi di kemudian hari.

Dilansir dari Medical News Today, skizofrenia adalah gangguan mental jangka panjang yang biasanya muncul pada akhir masa remaja atau awal masa dewasa.

Ditandai dengan delusi, halusinasi, pikiran kacau, perubahan perilaku dan kesulitan kognitif lainnya.

Para ilmuwan menemukan bahwa 'kelebihan beban' asam amino yang banyak ditemukan pada produk ikan dan susu, kacang-kacangan dan biji-bijian, menyebabkan gejala kondisi gangguan kesehatan mental.

(Baca juga : 5 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil)

Dari temuan ini, para peneliti berharap bahwa mereka dapat menemukan obat anti-psikotik baru. Salah satunya metionin.

Metionin adalah asam amino esensial, salah satu 'blok bangunan' protein yang membantu membangun dan memperbaiki sel, yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia.

Untuk itu, dibutuhkan asupan gizi sesuai yang berasal dari makanan.

Kandungan ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dan juga membantu memecah lemak di organ hati dan arteri.

Bila ibu hamil kekurangan metionin, anak-anak akan mengalami kerusakan hati, kehilangan otot, kehilangan lemak, lesi kulit, kelemahan, kelesuan dan memperlambat pertumbuhan yang lambat.

(Baca juga : Nutrisi Jamur yang Baik Dikonsumsi Ibu Selama Kehamilan)

Sayangnya, sampai saat ini penyebab terjadinya skizofrenia belum diketahui. Namun, kebanyakan ahli meyakini kondisinya disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Studi tentang orang-orang dengan kondisi tersebut telah menunjukkan adanya perbedaan struktur otak mereka secara halus.

Penulis studi Amal Alachkar dari University of California mengatakan, “Studi kami menunjukkan peran yang sangat penting dari diet metionin berlebihan selama kehamilan dalam hal perkembangan janin, yang mungkin memiliki pengaruh jangka panjang terhadap keturunannya.”

(Baca juga : Ibu Hamil Susah Makan, Apa Kabar dengan Janin)

Sumber : Why eating too much meat, fish or nuts during pregnancy raises the risk of a baby developing schizophrenia, reveals study