5 Bahan Makanan yang Cocok untuk MPASI Ini Ternyata Membantu Perkembangan Otak Bayi

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 22 Agustus 2017 | 09:00 WIB
Makanan agar bayi cerdas yang perlu jadi menu MPASI (Santi Hartono)

Nakita.id – Saat anak sudah bisa menerima makanan padat, ada baiknya Ibu memilih makanan yang tepat sebagai makanan pendamping ASI. Selain nutrisi untuk pertumbuhan fisiknya, Ibu juga harus memilih makanan tepat untuk perkembangan otaknya. Ini dia berbagai jenis makanan yang baik untuk otaknya.

Baca juga: Riset : Agar Bayi Cerdas, Berpura-puralah Mengerti Apa yang Dia Katakan!

1. Brokoli

Kandungan DHA pada brokoli akan membantu neuron pada otak terhubung. Maka, tak ada salahnya memasukkan brokoli sebagai salah satu campuran makanan padatnya. Tak hanya itu, kandungan vitamin A dan beta-karoten pada brokoli sangat penting untuk mengembangkan indera penglihatannya.

2. Alpukat

Buah bertekstur creamy ini memang mengandung lemak baik untuk bayi. Lemak tak jenuh ini akan meningkatkan aliran darah ke otak. Alpukat juga mengandung asam linoleat yang melindungi myelin. Hal ini akan membantu kerja otak bayi lebih cepat dalam menangkap informasi.

Baca juga: Ini Caranya Membuat Bayi Pintar dengan Ngobrol 

3. Telur

Meski makanan ini berpotensi menimbulkan alergi, memberikan telur pada bayi adalah pilihan makanan yang tepat untuk otak. Telur mengandung kaya nutrisi seperti asam lemak omega 3, zinc dan kolin yang dapat meningkatkan konsentrasi pada anak. Kolin juga bisa menghasilkan sel yang meningkatkan memori bayi.

4. Sayuran berdaun hijau

Mau meningkatkan memori anak? Cobalah memberinya aneka sayuran berdaun hijau seperti bayam. Anti-oksidan di dalamnya akan membantu perkembangan sel-sel otak bayi yang baru tumbuh. Mengenalkan aneka sayuran sejak usia dini juga membantu si kecil tak susah makan sayur di kemudian hari.

Baca juga: 10 Cara agar Bayi Cerdas

5.Salmon

Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber baik untuk asam lemak omega-3, DHA dan EPA. Menurut Andrea Giancoli, RD, seorang ahli gizi di Los Angeles. Nutrisi yang terkandung dalam salmon baik untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Menurutnya, orang yang mendapatkan asupan lemak akan memiliki pikiran yang lebih tajam. (*)