Banyak Ibu yang Tak Tahu, Ini Cara Menyetrika yang Tepat Agar Pakaian Awet dan Tak Mudah Lecek

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 22 Agustus 2017 | 08:30 WIB
Cara menyetrika yang tepat dan ternyata tak banyak orang tahu (Santi Hartono)

Nakita.id - Menyetrika pakaian terkadang dianggap sebagai aktivitas harian yang sepele. Padahal, kita membutuhkan tenaga ekstra, di samping niat, untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tersebut.Belum lagi, bila tumpukan pakaian sudah menggunung dan kita sudah terlalu lelah usai mengerjakan aktivitas rumah tangga yang lain.

Baca juga: 5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Harus Dihindari Saat Hamil 

Ditambah, tentunya cara menyetrika kita antara satu pakaian dengan pakaian lain juga bisa berbeda tergantung pada jenis kainnya.Kondisi tersebut seringkali membuat kita salah menyetrika dan berakibat pada rusaknya pakaian kita. Nah, agar kejadian ini tak berulang, pahami dan pelajari tipsnya berikut.

1.Tidak menumpuk pakaian setelah kering

Sebaiknya, kita tak hanya membiarkan pakaian kering menumpuk setelah dikeringkan. Sebab, hal tersebut hanya membuat pakaian semakin kusut dan sulit dirapikan, terlebih pakaian berjenis kemeja dan sebagainya. Oleh karenanya, segera lipat pakaian yang sudah kering agar tidak semakin kusut.

Baca juga: Ini Rahasianya Agar Tangan Tidak Keriput Meski Banyak Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga 

2.Menyetrika pakaian dari bahan yang tipis

Banyak orang salah kaprah lantaran mulai menyetrika pakaian berbahan tebal.Sebaiknya mulailah dari yang paling ringan.Dahulukan menyetrika pakaian yang terbuat dari kain halus seperti sutra dan atur pada suhu rendah.Ketika menyetrika pakaian yang lebih tebal (wol & katun), barulah naikan suhu secara perlahan.Dengan mengikuti cara ini, kita bisa mempertahankan kualitas bahan pakaian.

Baca juga: Pernak-pernik Rumah Tangga yang Unik tapi Fungsional Makin Digemari 

3.Jangan menyetrika pakaian terlalu kering

Ternyata, pakaian yang terlalu kering justru akan memperpanjang waktu kita saat menyetrika.Umumnya, pakaian akan mudah lengket dan sulit untuk disetrika.Solusinya, semprotkan pakaian menggunakan cairan pelembut atau pewangi khusus pakaian.Cara ini akan membuat pakaian sedikit basah, tetapi justru akan mempermudah kita saat menyetrika.

(Artikel ini sudah tayang di Idea Online dengan judul "Inilah Kesalahan saat Menyetrika yang Perlu Anda Ketahui")