Ini Penyebab Perut Bagian Bawah Sering Merasa Nyeri di Saat Hamil

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 24 Agustus 2017 | 08:15 WIB
Rasa seperti tertusuk-tusuk akibat sakit round ligament saat hamil semestinya hanya berlangsung selama beberapa detik saat Ibu berganti posisi atau bangkit berdiri. (Santi Hartono)

Nakita.id.-  Perut bagian bawah sering disebut round ligament karena sesungguhnya ini adalah ligamen yang mengelilingi rahim Ibu di sekitar panggul. Saat rahim membesar, ligamen ini akan meregang dan menebal untuk menampung sekaligus menahan rahim.

Perubahan inilah yang bisa sesekali membuat Ibu merasa sakit di salah satu atau kedua sisi perut bagian bawah, yang umumnya pertama kali dirasakan di trimester kedua.

Baca juga:  Sakit Perut Bagian Bawah

Saat sakit menyerang, Ibu mungkin akan merasa perut Ibu seperti ditusuk-tusuk sesaat atau menderita rasa sakit yang tajam. Hal ini terjadi biasanya saat Ibu mendadak mengubah posisi, seperti saat berdiri dari tempat tidur, bangkit dari kursi, batuk, atau berguling di kasur.

Bentuk lainnya adalah sakit di bagian bawah perut yang berlangsung cukup lama yang umumnya terjadi setelah Ibu sibuk beraktivitas sepanjang hari, setelah Ibu banyak berjalan atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Rasa sakitnya akan Ibu rasakan mulai dari paha sebelah atas bagian dalam yang bergerak naik atau ke luar ke kedua sisi sampai bagian atas pinggul.

Jika dokter atau bidan sudah memastikan bahwa sakit round ligament saat hamil-lah yang menyerang Ibu, saat gejalanya mulai menyerang segeralah duduk dan cobalah untuk tetap santai. Beristirahat dengan nyaman seharusnya bisa meringankan gejala yang Ibu rasakan.

Ibu juga bisa mencoba menggerakkan lutut Ibu ke arah perut atau berbaring menyamping dengan satu bantal dipasang di bawah perut dan satu lagi di antara kaki.

Berendam di air hangat juga bisa menolong meringankan gejala sakit round ligament saat hamil.

Jika Ibu lebih rentan terserang sakit di bagian round ligament saat Ibu beraktivitas aktif, cobalah untuk berhenti sebentar dan melihat apakah itu membantu.

Kemudian, setelah merasa lebih baik, Ibu dapat secara bertahap meningkatkan aktivitas Ibu sampai menemukan level yang nyaman.

Rasa seperti tertusuk-tusuk akibat sakit round ligament saat hamil semestinya hanya berlangsung selama beberapa detik saat Ibu berganti posisi atau bangkit berdiri.