Untuk Menjaga Kesehatan Usus, Pastikan Menu Makanan Seperti Ini

By Dini Felicitas, Senin, 28 Agustus 2017 | 02:45 WIB
Jaga kesehatan usus dengan makanan berserat. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Memiliki tubuh sehat memang penting, tapi yang tidak kalah penting adalah bagaimana menjaga agar tubuh tetap sehat. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan usus. Dengan memiliki usus yang sehat, maka sistem pencernaan akan lancar sehingga proses penyerapan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh juga agak semakin maksimal (baca: Jangan Remehkan Kesehatan Usus).

Menurut seorang ahli diet terakreditasi, Jaime Rose Chambers, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh, hal paling penting yang setiap hari harus didapat tubuh agar kesehatan tetap terjaga adalah makanan berserat.

"Bisa berasal dari buah, sayuran, kacang polong, dan gandum utuh. Jika Ibu umumnya sehat, tapi ingin meningkatkan kesehatan usus Ibu, dosis serat yang baik sangat bagus untuk menciptakan tinja yang sehat,” jelas Chambers.

Cobalah untuk selalu memastikan 80% dari porsi makan setiap hari adalah sayuran dan buah-buahan. Ahli diet menjelaskan, aturan makan yang sehat adalah dengan mengisi setengah piring saat makan siang dan setengah piring saat makan malam dengan sayuran, baik yang mentah ataupun dimasak (baca juga: Bukan Cabai atau Jambu Biji, Ini Dia Pemicu Radang Usus Buntu).

Chambers merekomendasikan menu untuk sarapan pagi adalah buah, seperti pisang atau buah beri, dan sesendok yoghurt di atasnya untuk mendapatkan asupan probiotik. Untuk camilan menjelang makan siang, bisa mengonsumsi beberapa biskuit yang memiliki kandungan serat, dan bisa ditambah alpukat untuk mendapatkan lemak sehat.

“Untuk makan siang yang enak, coba salad dalam porsi besar, dicampur dengan protein dan karbohidrat bagus seperti roti gandum atau nasi. Sementara itu, untuk makan malam yang sehat bisa memasukkan kacang polong atau kacang lentil, yang fantastis untuk kesehatan usus, ke dalam menu makanan,” tambahnya.

Selain serat, tubuh juga harus dipastikan mendapat cukup probiotik, yang berasal dari yoghurt dan makanan fermentasi, dan prebiotik yang bisa didapat dari bawang merah, bawang putih dan kacang polong, setiap hari untuk merangsang bakteri sehat di perut (baca juga: Hati-hati, Makanan ini Bisa Sebabkan Kanker Usus).

“Tentu saja, jangan lupa untuk selalu menjaga kadar cairan Ibu tetap tinggi yang juga tidak kalah penting,” kata Chambers.

Makanan yang Harus Dihindari Jika sudah rutin mengonsumsi makanan sehat, lalu jenis makanan seperti apakah yang sebaiknya dihindari? Menurut Chambers, ada tiga jenis makanan yang paling utama harus dihindari untuk menjaga usus tetap sehat.

Pertama, makanan yang mengandung karbohidrat putih seperti roti putih, kue dan cookies. Makanan ini akan lenyap begitu saja melalui usus, tanpa ada penyerapan gizi sama sekali. Hal ini tentu saja tidak menguntungkan untuk tubuh.

“Demikian pula dengan makanan berlemak. Termasuk makanan yang buruk untuk usus karena lemak memperlambat pencernaan dan berpotensi menyebabkan konstipasi. Terakhir adalah gula halus karena itu adalah makanan untuk bakteri jahat di perut kita sehingga mereka akan semakin banyak jumlahnya,” ujar Chambers.