Ini Rahasianya Jadi Cantik Dan Bersinar Selama Hamil

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 28 Agustus 2017 | 07:00 WIB
Tetap Modis dan Cantik Selama Kehamilan, Ini Caranya (Puri)

Nakita.id - Setiap kehamilan yang dinanti-nantikan menjadi daya tarik tersendiri bagi para ibu. Katanya, ibu hamil yang bahagia akan menunjukkan aura glowing yang cantik secara alami. Benarkah?

Bagi beberapa ibu hamil, kehamilan dapat mengubah rambut, sorotan mata dan kulit yang bercahaya. Padahal banyak dari mereka yang memiliki kondisi kulit yang melepuh seperti terjadinya pigmentasi.

Dr Sonali Gaur, MD, Obstetri dan Ginekologi di Nanavati Super Specialty Hospital mengatakan, "Kehamilan yang glowing adalah perubahan fisiologis pada perempuan. Perubahan ini terjadi saat hormon meningkat dan kulit mengalami perubahan yang jelas."

Baca juga : 6 Masalah Kulit Saat Kehamilan Ini Mungkin Akan Ibu Alami

Intinya, selama kehamilan, tubuh perempuan meningkatkan produksi darah sekitar 50%. Kelenjar mengeluarkan lebih banyak minyak dan ini dikombinasikan dengan peredaran darah yang mengarah ke wajah yang tampak lebih cerah.

Dr Raina Nahar, MD, Dermatologist and Cosmetologist di Nanavati Super Specialty Hospital turut menyetujuinya, "Glowing ini menandakan perubahan kulit yang disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan.”

Perubahan hormonal ini menyebabkan sekresi minyak yang meningkat dari kelenjar subkutan, sehingga menghasilkan wajah yang cerah. Jika terjadi peningkatan sekresi minyak, bisa mengakibatkan pemicu jerawat, yang biasa dikenal dengan jerawat kehamilan.

Baca juga : Kenali Tanda Melasma, Kondisi Kulit yang Sering Menyerang Ibu Hamil

Beberapa faktor psikologis seperti perubahan mood yang meningkat juga dapat menyebabkan kulit tampak cerah dan bercahaya. "Bagi perempuan (saat hamil) yang tidak tampak glowing, bisa jadi karena sekresi minyak yang lebih rendah dari kelenjar dan kurangnya sirkulasi darah selama kehamilan.

Dr Raina menambahkan, ibu hamil juga harus memerhatikan bahwa kehamilan yang glowing sama sekali tidak berdasarkan kondisi kesehatan yang baik, tetapi lebih kepada gejala fisiologisnya.

Sumber : The Secret Behind The Pregnancy Glow