Tepat Memilih Mainan Untuk Anak, Kemampuan dan Perkembangan Anak Melesat

By je, Kamis, 31 Agustus 2017 | 05:15 WIB
Bermain dengan bayi harus dilakukan dengan cara yang lembut. Karena itu ada baiknya untuk Ayah dan Ibu menghindari aktivitas yang dapat membahayakan bayi saat bermain bersamanya. (Santi Hartono)

nakita.id - Bermain adalah pekerjaan anak, sedangkan mainan adalah alatnya. Mainan pun dapat meningkatkan keingintahuan dan mengajari anak untuk membuat pilihan bijak. Pastinya, mainan akan mengajarkan banyak hal kepada anak, selain juga merangsang tumbuh kembang anak.

Oleh karenanya, kita tidak bisa memberikan mainan yang asal-asalan, apalagi asal murah. Jadi, saat memilih mainan untuk anak, pikirkan baik-baik mainan dan si anak. Dengan begitu, kita bisa memilih mainan yang sesuai perkembangan anak, membangun keterampilan yang sudah dimiliki anak, dan menyuguhkan tantangan seru bagi anak.

Baca juga: Panduan Memilih Mainan Anak

Satu lagi. Hal terpenting yang harus kita perhatikan baik-baik sebelum membelikan mainan untuk anak adalah kita  terlebih dahulu harus mengajukan 10 pertanyaan berikut kepada diri sendiri dan menjawabnya.

1. Apa yang akan diajarkan kepada anak saya? 2. Apakah akan menarik perhatian anak saya? 3. Apakah aman? 4. Apakah mengganggu saya untuk melihat atau mendengar? 5. Apakah mempromosikan kreativitas, interaksi sosial? 6. Apakah tidak agresif? 7. Apakah mendorong koordinasi mata-tangan dan keterampilan memecahkan masalah? 8. Apakah bisa dinikmati oleh anak laki-laki dan perempuan? 9. Berapa banyak indra yang akan dirangsang olehnya? 10. Akankah anak saya menikmati bermain dengan mainan ini?

Baca juga: Ceklis Mainan Anak! 5 Kandungan Material Ini Tidak Boleh Ada Di Dalamnya! Jika sudah dan bisa dijawab dengan baik semuanya, yaitu mengena ke dalam hati, juga logis, berarti kita sudah memahami si kecil dan tahu mainan apa yang terbaik untuknya. *