Ini Dia Kunci Sukses Pertahankan Berat Badan Ideal dalam Jangka Panjang

By Saeful Imam, Rabu, 30 Agustus 2017 | 03:30 WIB
Ini Dia Kunci Sukses Pertahankan Berat Badan Ideal dalam Jangka Panjang (Saeful Imam)

Nakita.id - Sudah mencoba segala macam cara diet, namun tak pernah berhasil maksimal? Mungkin saja kita yang tidak konsisten melakukannya, Bu.

Ternyata, ukuran kesuksesan setiap diet ialah konsisten dalam pengulangannya, bukan strategi diet yang instan dengan hasil cepat.

Dalam sebuah studi baru yang dilakukan di Drexel University, para psikolog menyelidiki mengapa beberapa orang sukses dengan program penurunan berat badan, namun ada juga yang tidak.

"Tampaknya mengembangkan perilaku berulang yang stabil terkait dengan asupan makanan dan penurunan berat badan pada awal program pengendalian berat badan sangat penting untuk menjaga perubahan dalam jangka panjang," ucap penulis utama penelitian Emily Feig.

(Baca juga : Patut Dicoba, Ini Metode Diet yang Tidak Sulit untuk Dilakukan)

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Obesity ini telah melibatkan 183 orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas, yang mayoritas adalah perempuan kulit putih yang tinggal di wilayah Philadelphia.

Para periset juga melibatkan perilaku mereka, seperti menetapkan tujuan untuk meningkatkan aktivitas fisik dan memantau asupan kalori mereka.

Satu kelompok diinstruksikan untuk menggunakan dua pengganti makanan setiap hari selama enam bulan pertama dan kelompok lain diberi makanan dengan kandungan energi rendah, tapi tinggi protein dan serat.

Setiap minggu, berat badan peserta akan dicatat. Selain itu, mereka melaporkan sendiri sikap dan perilaku mereka tentang hasrat, makan emosional, dan makan besar.

(Baca juga : 4 Kesalahan Ini Membuat Ibu Gagal Diet)

Emily dan rekan-rekannya menemukan, mereka yang mengalami penurunan berat badan konsisten dalam enam minggu pertama lebih cenderung menahan berat badannya tetap ideal dalam jangka panjang dibandingkan dengan berat badan yang bervariasi setiap minggu.

Ia menambahkan, pentingnya perubahan berat badan awal sering ditunjukkan dari variasi berat badan mingguan dan juga berapa banyak berat badan yang hilang. Ini akan memprediksi penurunan berat badan hingga dua tahun kemudian.

"Jadi, tampaknya kesuksesan dan konsistensi penurunan berat badan di awal sebuah program penting untuk kesuksesan jangka panjang," katanya.

Intinya, kesuksesan tidak didasarkan pada hubungan seseorang dengan makanan, seperti kebiasaan yang ditetapkan pola diet pada awalnya.

(Baca juga : Ditemukan, Diet untuk yang Susah Menurunkan Berat Badan)

Sementara, peneliti utama Michael Lowe mengatakan, temuan ini merupakan sebuah strategi yang mungkin untuk memertahankan penurunan berat badan.

"Tentukan rencana penurunan berat badan yang bisa Anda pertahankan minggu demi minggu, bahkan jika itu berarti secara konsisten kehilangan tiga perempat per kilogram setiap minggunya," jelas Michael.

Diet yang tepat adalah yang dapat menurunkan berat badan secara konsisten, meski jumlahnya tidak banyak, tapi lebih efektif daripada mencapai kesuksesan jangka panjang dari pola makan berisiko.

(Sumber : Long-Term Weight Loss Success May Rely On Consistency, Study Suggests)