6 Tanda Bayi Tumbuh dengan Sehat

By Dini Felicitas, Kamis, 31 Agustus 2017 | 01:15 WIB
Jika bayi menatap mata Ibu dan tersenyum, ini tanda ia sudah bisa berkomunikasi. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Menjadi ibu baru memang tidak mudah. Kecemasan dan kekhawatiran tentang berbagai hal pasti dirasakan oleh para ibu yang baru pertama kali memiliki bayi. Tetapi tenang, Bu. Untuk memastikan bayi tumbuh dengan sehat, berikut beberapa tingkah bayi yang menandakan kalau mereka baik-baik saja dan pertumbuhannya tergolong normal.

1. Bayi Tenang Saat Disentuh dan Mendengar Suara Ibunya Ini artinya ibu dan bayi memiliki hubungan khusus. Suara ibu adalah "soundtrack" yang selalu didengar bayi saat di kandungan, karena itulah suara ibu menarik perhatiannya. “Setelah mereka lahir, mendengar suara Ibu, dipeluk, dan merasakan panas tubuh Ibu, membuat bayi merasa damai. Jadi saat anak merasa tenang dengan kehadiran Ibu, itu adalah langkah pertama untuk melakukan ikatan dengannya, dan itu pertanda jelas bahwa dia sedang berkembang secara emosional,” kata Jennifer Shu, MD, dokter anak dan salah satu penulis Heading Home with Your Newborn.

2. Sering Ganti Popok tapi Berat Badan Bertambah Artinya, bayi mendapatkan cukup susu dan tumbuh dengan sehat. Jika bayi menyusu, bagaimana bisa yakin bahwa mereka cukup minum ASI? Buktinya ada di popok basah yang menjadi tanda kalau mereka minum dengan baik. Percayai indikator ini, ketimbang terobsesi dengan berapa banyak yang harus dikonsumsi setiap menyusui. Bayi tidak minum dengan jumlah yang sama setiap hari, yang paling penting beratnya bertambah seiring waktu.

3. Bayi Diam dan Terlihat Memperhatikan Sesuatu Saat bayi mulai mendapatkan kontrol otot mata, mereka akan memusatkan perhatian pada sebuah target, umumnya adalah ibunya. Saat bayi diam dan terlihat waspada, mereka sebenarnya sedang memperhatikan semua hal di sekitar mereka dan memproses semua jenis informasi baru. “Bayi mulai memiliki lebih banyak waktu bangun daripada tidur saat berusia sekitar 1 bulan. Saat itulah mereka bisa mendapatkan pengalaman visual yang lebih banyak,” kata Dr. Shu.

4. Bayi Menengok ke Arah Suara dan Mendengarkannya Ini tanda bahwa pendengarannya berkembang dan mereka menggunakan otaknya untuk membedakan suara. Suara musik, misalnya, akan menarik perhatian bayi. Begitu melihat bayi bereaksi terhadap suara dengan mencari sumbernya, itu adalah bukti bahwa telinganya sehat, dan mereka semakin penasaran dengan apa yang didengarnya.

5. Tertarik dengan Pola, Warna, dan Gerakan Bayi yang mulai tertarik melihat berbagai pola, warna, dan gerakan, berarti penglihatannya mulai terasah dan perkembangan otaknya meningkat. Bayi lahir dengan penglihatan sekitar 20/100, dan dapat melihat antara 8 dan 12 inci. Usia 1 bulan, mereka bisa melihat jarak hingga 18 inci, dan pada usia 2 bulan kebanyakan bayi mulai melacak pola, warna cerah, dan benda yang berputar. Mereka juga tidak memiliki visi warna yang sempurna, sehingga warna yang kontras cenderung menjadi perhatian mereka.

6. Bayi Melakukan Kontak Mata, Tersenyum, Bahkan Tertawa Ini merupakan tanda bahwa bayi menjadi mahluk sosial dan bahagia. Semua interaksi tersebut menunjukkan bahwa bayi mampu berkomunikasi dengan orang lain, dan menjadi lebih sadar akan lingkungannya. Hal ini merupakan indikator penting perkembangan bahasa awal. “Bayi menggunakan bahasa tubuh, termasuk kontak mata dan ekspresi wajah, jauh sebelum mereka bisa berbicara. Ini adalah tanda awal bayi berkomunikasi dengan kata-kata,” jelas Dr. Shu.