Tip Diet Bagi Ibu Rumah Tangga Agar Tetap Sehat dan Langsing

By Saeful Imam, Senin, 4 September 2017 | 08:30 WIB
Diet Aman Agar Produksi ASI Lancar (Puri)

Nakita.id - Banyak perempuan yang mengeluhkan sulit menurunkan berat badan saat menjadi istri dan ibu rumah tangga. Kebanyakan orang menganggap, menjadi ibu rumah tangga merupakan tugas yang sangat mudah.

Tapi, hanya seorang ibu rumah tangga yang akan tahu betapa sulitnya mengurus diri sendiri dan mencari waktu untuk bisa makan sehat.

Penting dan harus selalu diingat bahwa mulai saat ini penting untuk memprioritaskan kesehatan kita, karena tugas utama seorang ibu untuk mengasuh anak-anaknya serta tanggung jawab lainnya yang tak pernah berakhir.

(Baca juga : Turunkan Berat Badan 18 Kg Dengan Diet Pisang)

Namun, apapun rencana diet yang akan Ibu lakukan, penting untuk selalu memastikan bahwa kita tetap menekankan pada gaya hidup sehat daripada menjalani diet yang asal.

Seperti yang diamati oleh Dr. Swarupa Kakani, Kepala Ahli Gizi, Rumah Sakit Sagar, "Ibu rumah tangga, yang sedang menginjak usia 40, perlu memerhatikan kebiasaan makan mereka dengan sangat baik. Inilah saat metabolisme mereka turun sekitar 1% -2%. Diet adalah sesuatu yang harus mereka pastikan tapi ini tidak berarti kontrol porsi atau hanya minum secangkir teh untuk sarapan pagi ".

Ia melanjutkan, "Mengolah makanan olahan, makanan berlemak dan gorengan sangat penting, mereka harus berkonsentrasi untuk menyajikan 3-4 sayuran sehari dan buah-buahan. Ini akan membantu mereka mendapatkan cukup banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral yang juga membantu dalam meningkatkan imunitas. "

(Baca juga : Diet Mengurangi Makan Lebih Efektif Saat Makan Siang)

Berikut rencana diet dan tip terbaik untuk ibu rumah tangga.

1. Rencanakan Makanan: Jika ingin makan malam yang besar hari ini, maka kita perlu merencanakan makan siang dan sarapan sesuai kebutuhan.

Ibu perlu mencari tahu berapa banyak kalori yang dimiliki untuk makan malam dan kurangi dari asupan kalori tujuan awal kita.

Dr. Swarupa juga mengatakan bahwa makan secara sadar harus dipraktikkan, terutama oleh ibu rumah tangga. "Mereka perlu mengingat hal ini untuk menjaga berat badan ideal," katanya.

2. Minum Hanya Air di Siang Hari: Minum dua gelas besar air mineral saat sarapan pagi, dan terus minum air minimal saat makan siang dan makan malam.

Bisa juga dikonsumsi lebih jika seandainya Ibu merasa haus atau lapar. Air akan mengisi perut dan tidak akan membuat kita banyak makan.

(Baca juga : Ini Syarat Agar Diet GM Berhasil dalam Jangka Panjang)

3. Katakan Tidak untuk Diet Ketat: Diet ketat merupakan metode terbaru bagi tiap perempuan yang ingin memiliki tubuh langsing, tapi yang perlu dilakukan sebenarnya ialah mengonsumsi makanan sehat dan menghitung asupan kalori.

4. Hindari Makan Karena Kebosanan: Bila sedang sendirian di rumah dan bosan, jangan gunakan waktu tersebut untuk mengunyah makanan ringan. Jika Ibu sangat lapar, pilih sayuran dan protein tanpa lemak untuk dikonsumsi.

Dr. Swarupa juga menyebutkan bahwa tidur tepat setelah makan adalah kebiasaan yang sangat buruk. "Ibu rumah tangga terutama, harus makan sarapan seperti raja, makan siang seperti ratu dan makan malam seperti orang miskin".

5. Gerakkan Tubuh: Bahkan jika sedang terjebak di rumah, kita masih bisa membakar beberapa kalori. Ibu bisa lakukan tarian ringan di rumah, berjalan-jalan di taman setiap hari, dan sebagainya. Ini adalah beberapa metode untuk menjaga agar kita tetap terlibat secara aktif.

(Baca juga : 4 Kesalahan Ini Membuat Ibu Gagal Diet)

6. Masaklah untuk Diri Sendiri: Ibu rumah tangga diharapkan memasak untuk suami dan anak-anak dengan hidangan favorit mereka. Tapi, terkadang Ibu butuh waktu memasak untuk diri sendiri.

Untuk menjaga berat badan ideal dan juga untuk makanan sehat, Ibu perlu benar-benar mulai memasak untuk diri sendiri juga! Jadi, ini menjadikannya rencana diet terbaik bagi ibu rumah tangga.

(Sumber : Diet Plan For Housewives To Stay Healthy & Slim)