Ibu yang Sering Melakukan 3 Hal Ini Akan Memiliki Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 5 September 2017 | 05:00 WIB
Boleh saja memencet jerawat, tapi lakukan dengan cara yang benar. (Dini Felicitas)

Nakita.id – Jenis kulit berminyak menjadi salah satu masalah yang kerap dialami perempuan. Sadarkah Ibu bahwa ada penyebab kulit berminyak bisa disebabkan karena kebiasaan buruk kita saat merawat wajah. Berikut 3 hal yang membuat kulit wajah jadi berminyak dan muncul jerawat.

Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Membuat Wajah Tak Terlihat Cantik Selama Kehamilan 

1.Tidak memakai produk pembersih wajah yang sesuai

Banyak Ibu yang memakai produk untuk kulit kering padahal kulitnya sering berminyak. Untuk itu, Ibu perlu memilih produk perawatan wajah yang khusus untuk kulit berminyak. Menurut Heidi Waldorf, MD, dermatolog di Waldorf Dermatology Aesthetics mengungkapkan kulit yang berminyak harus dibersihkan dengan pembersih yang mengandung asam salisilat.

Kandungan ini akan menghindari terjadinya penumpukan minyak di wajah yang berpotensi menimbulkan jerawat. Namun, ia juga memiliki sifakt lipofilik yakni membasmi minyak dari sumber produksinya. “Jika menggunakan produk pembersih yang sesuai, kulit akan terasa lembut dan tidak kencang setelah dicuci,” ujarnya.

Baca juga: Agar Kulit Wajah Terlihat 10 Tahun Lebih Muda, Atasi Masalahnya 

2. Tidak minum cukup air putih

Tak disangka kebiasaan yang kita anggap biasa ini dapat berpengaruh kepada kondisi wajah. Menurut Jordana Mattioli dari Complete Skin MD di New York, minum air putih akan menjaga wajah tetap lembab. Hal ini penting untuk jadi pelindung kulit.

Kulit yang tetap lembab akan mencegah iritasi dari luar seperti bakteri atau sinar UV. Selain minum air putih, Ibu bisa memilih produk perawatan wajah yang mengandung asam hyaluronic atau gliserin. Keduanya ternyata memiliki fungsi untuk menyerap minyak dari dalam kulit.

Baca juga: Begini Cara Jadikan Kulit Wajah Ibu Sehalus Bayi 

3.Stres

Siapa sangka tekanan psikologis seperti stres bisa menyebabkan kulit jadi berminyak. Joshua Zeichner, M.D., dermatolog di Mount Sinai Medical Center New York mengatakan bahwa perubahan hormon akibat stres dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Hal ini tentunya membuat Ibu jadi punya kulit berminyak.

Apalagi stres kadang membuat Ibu tidak teratur dalam hal makanan. Kerap kali Ibu jadi mengonsumsi makanan yang tidak sehat akibat stres misalnya makanan berminyak. Padahal dalam Harvard Health Publication mengungkapkan lemak jahat dalam minyak dapat menyebabkan peradangan kulit. Hal ini memicu kulit berminyak dan berjerawat.