Setiap Hari Tanda Lahir Bayi Ini Terus Membesar, Siapa Sangka Begini Kondisinya Ketika Ia Dewasa

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 6 September 2017 | 00:30 WIB
Tanda lahir bayi yang tidak biasa (Santi Hartono)

Nakita.id – Tanda lahir dianggap biasa terjadi pada bayi yang baru lahir. Namun, bagaimana jika ada tanda lahir yang tak biasa seperti yang dialami seorang perempuan di Amerika Serikat ini. Marissa Dees, sempat hidup dengan rasa percaya diri yang rendah.

Bayangkan, dia dijuluki 'Si Anjing Dalmatian', anjing putih yang punya corak bercak hitam di sekujur tubuhnya.Wanita asal Tampa Bay, Florida ini, terlahir dengan kondisi langka di kulitnya. Ia punya bercak hitam atau tanda lahir yang terus membesar.

Baca juga: Begini Tanda Lahir yang Memiliki Gejala Kanker Kulit

Saat Marissa bayi, tanda lahir itu sudah begitu besar, hingga nyaris menutup seluruh kulitnya.Bahkan, menurut Melissa, dokter sempat memvonis dia tak akan bisa bertahan. "Dokter bingung melihat penyakitku. Mereka bahkan mengatakan, aku tak akan bisa bertahan lebih dari satu malam," ujar Melissa. Tapi prediksi dokter salah.

Melissa kini telah berusia 28 tahun.Saat beranjak dewasa, tanda lahir itu hampir seluruhnya menutup tubuh Melissa, mulai kepala hingga pantat. Melsisa menjadi penderita penyakit langka bernama congenital melanocytic nevus.

Di dunia, yang mengalami penyakit ini sebanyak satu dari 500.000 orang.Tapi, itu tak membuat Melissa berhenti menjadi sasaran ejekan teman-temannya.Banyak yang tak tahu, penyakit itu sangat berbahaya.

Baca juga: Bintil Hitam di Kulit, Waspadai Kanker

Kondisi ini bisa membuat melissa mengalami resiko terkena melanoma, jenis kanker kulit yang mematikan."Bercak itu menyebar dari kepala sampai pantat. Bercak itu bisa sangat berbahaya, jadi aku berpikir harus menghilangkannya sebisa mungkin," ujar Melissa.

Bertahun-tahun, Melissa total telah menempuh 30 operasi untuk menghapus tanda lahir itu. Tapi, operasi ini menimbulkan dampak untuknya. Kulit Melissa tak kembali mulus begitu saja, tapi malah menjadi seperti bekas luka.

Baca juga: 11 Mitos tentang Tanda Lahir Bayi 

Meski demikian, Melissa sendiri kini tak peduli dengan omongan orang.Ia mengaku tampil percaya diri dengan apapun kondisinya."Aku merasa lebih baik tampil berbeda, daripada harus malu dengan kondisiku, jadi aku berusaha untuk lebih percaya diri," kata Melissa.

(Artikel ini sudah tayang di Grid dengan judul "Setiap Hari, 'Tanda Lahir' Bayi Perempuan ini Terus Membesar, Beginilah Kondisinya Ketika Dia Telah Dewasa")