Tanpa Disadari, 3 Hal yang Sering Dilakukan Setelah Bangun Pagi Membuat Berat Badan Tak Kunjung Turun

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 6 September 2017 | 02:00 WIB
Berat badan susah turun? Bisa jadi karena kebiasaan buruk saat bangun pagi ini (Santi Hartono)

Nakita.id – Duh kok berat badan tidak kunjung turun ya meski sudah melakukan diet? Tanpa disadari kadang kita melakukan hal-hal yang jadi penyebab berat badan susah turun. Salah satunya adalah kebiasaan di pagi hari.

Siapa sangka hal-hal berikut ini akan membuat Ibu jadi tak kunjung kurus meski sudah mencoba berbagai metode diet.

Baca juga: Ingin Berat Badan Turun? Hindari Konsumsi Makanan Ini Sebelum Tidur

1.Tidur terlalu lama

Mungkin kita sering mendengar bahwa kurang tidur akan membuat kenaikan berat badan karena adanya peningkatan hormon kortisol dalam tubuh. Hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan. Namun, ada fakta menarik bahwa tidur terlalu lama juga jadi penyebab berat badan susah tidur.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam PLOS One menemukan bahwa tidur lebih dari 10 jam selama satu malam dapat meningkatkan risiko memiliki BMI ( Body Mass Index) yang lebih tinggi dibandingkan yang tidur selama 7 sampai 9 jam. Jadi, usahakan untuk tidur secukupnya dan bangun di pagi hari dengan waktu yang tepat.

Baca juga: Ternyata, Ini Penyebab Berat Badan Sulit Turun Usai Melahirkan

2.Tidak langsung minum air putih

Kebiasaan baik yang sebaiknya sering dilakukan sesaat setelah bangun tidur adalah minum air putih.Sebuah penelitian yang diterbitkan The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism pada 2003 mengatakan minum air putih saat perut kosong bisa meningkatkan tingkat metabolisme hingga 24%.

Metabolisme yang meningat akan membuat tubuh melepaskan racun di pagi hari sehingga sistem pencernaan lebih lancar. Manfaatnya, nafsu makan jadi menurun sehingga dapat mencegah Ibu mengonsumsi makanan berlebih selama satu hari penuh.

Baca juga: Agar Berat Badan Tidak Naik Turun, Ini Rahasianya 

 3.Tidak menimbang berat badan

Tahukah Ibu bahwa waktu terbaik untuk menimbang berat adalah pagi hari setelah bangun tidur? Peneliti dari Universitas Cornell pernah melakukan riset akan hal ini. Ternyata, orang yang rutin menimbang berat badan di pagi hari lebih berhasil menurunkan berat adan.

Lina Jones, RD, juru biacara Pennsylvania Academy of Nutrition and Dietetics mengungkapkan pengukuran berat badan di pagi hari tepat karena pada saat itu berat badan pada titik ternedah. Hal ini membuat berat badan Ibu jauh lebih akurat dibanding menimbang pada waktu lain.