Ikatan Ibu dan Anak Sudah Dimulai Sejak di Dalam Kandungan. Begini Cara Mempereratnya!

By Saeful Imam, Rabu, 6 September 2017 | 05:45 WIB
Lakukan Lima Cara Tepat Bonding yang Penting Bagi Janin Selama Kehamilan (Saeful Imam)

Nakita.id - Pasangan yang tengah berbahagia dengan kabar kehamilan pasti sudah sibuk merencanakan serba-serbi untuk si calon bayi. Tapi, jangan lupa luangkan waktu untuk satu aktivitas lagi, yaitu membangun ikatan dengan bayi.

Membangun kedekatan dengan calon bayi selama kehamilan penting untuk hubungan orangtua-anak ketika ia dilahirkan dan juga akan membantu kita menyiapkan diri menjadi orangtua, tutur Michelle O'Neill, R.N., Ph.D., penulis buku “Meditations for Pregnancy: 36 Weekly Practices for Bonding with your Unborn Baby”.

"Salah satu alasan terbaik untuk terhubung dalam rahim adalah membantu ibu menemukan perasaan yang bahkan tidak mereka ketahui," lanjut Michelle.

(Baca juga : Ternyata, Membangun Bonding dengan Bayi Membutuhkan Waktu 5 Bulan)

Sering menyediakan waktu untuk membangun ikatan dapat memberikan harapan dan impian untuk calon anak kelak, menghindari ketakutan kita tentang menjadi seorang ibu, dan juga membantu kita belajar lebih banyak tentang orangtua yang diinginkan.

Lalu bagaimana cara memulainya? Berikut adalah lima cara sederhana, namun bermanfaat untuk membangun ikatan dengan calon bayi selama kehamilan.

  1. Pijat lembut perut Ibu

Dimulai saat Ibu tahu bahwa sedang hamil, letakkan tangan di perut Ibu. Hal ini pasti sudah wajar dilakukan para ibu hamil, bukan?

Hal ini mampu menenangkan seluruh tubuh ibu, dan juga si kecil. Saat kita bisa merasakan bayi sedang bergerak, biasanya dimulai sekitar minggu ke 17 atau lebih.

(Baca juga : Mau Membangun Bonding dengan Bayi. Ayah Perlu Melakukan Hal Ini)

  1. Dengarkan musik bersama

Tindakan ini menciptakan ikatan yang bertahan bahkan setelah bayi telah lahir. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa bayi yang mendengarkan melodi sederhana sejak di rahim lebih mampu mengingat dibandingkan yang tidak.

Lagu mana yang harus Ibu pilih? Tentunya jenis musik yang menenangkan, karena akan memengaruhi tempo detak jantungnya.

  1. Bernyanyi dan ajak bicara

Jangan remehkan pembicaraan kita dengan bayi yang masih di dalam kandungan. Setiap kali ia mendengar Ibu berbicara, bayi ternyata sedang mempelajari suara kita.

Cobalah membuat story time rutin dengan bayi sebelum kelahiran dengan membaca buku menggunakan suara keras sebelum tidur. Ia memang tidak akan mengerti arti kata-kata itu, tapi ritme dan nada suara Ibu akan terasa nyaman baginya.

(Baca juga : 6 Rutinitas yang Membantu Bayi Merasa Nyaman)

  1. Cobalah yoga atau meditasi

Melakukan yoga prenatal tak hanya berfokus pada ibu, tapi juga bermanfaat untuk membangun ikatan dengan anak di dalam kandungan.

"Terkadang ibu hamil begitu sibuk sehingga satu-satunya waktu bersantai adalah di akhir kelas yoga," jelas Michelle.

Meditasi adalah pilihan lain yang menawarkan ketenangan dan refleksi, tapi ada baiknya ibu hamil rajin mencari informasi dari buku, aplikasi, dan lain-lain terkait dengan olahraga aman selama kehamilan.

  1. Simpan jurnal

Menulis dalam jurnal tidak hanya akan membantu Ibu merekam kenangan manis atau lucu, seperti keinginan kehamilan (ngidam) yang aneh, ini juga akan membantu Ibu memroses pengalaman hamil.

Atau cobalah menulis surat, di mana Ibu bisa menuliskan satu hal yang sedang dipikirkan, rasakan, atau pikirkan tentang bayi pada hari itu.

(Sumber : 5 Ways to Bond with Your Baby During Pregnancy)