Ini Resep MPASI dari Ussy Sulistiawaty Supaya BAB Bayinya Lancar, Tiru Yuk!

By Saeful Imam, Rabu, 6 September 2017 | 10:15 WIB
Ini Resep MPASI dari Ussy Sulistiawaty Supaya BAB Bayinya Lancar, Tiru Yuk! (Saeful Imam)

Nakita.id - Artis Ussy Sulistiawaty kini tengah menikmati menjadi ibu dari Baby Sheva, anak kedua dari perkawinannya dengan Andhika Pratama.

Baby Sheva yang baru genap menginjak usia 6 bulan ini ternyata sudah mencoba menu makanan padat tunggal sejak usia 5 setengah bulan.

Nah, hal ini diungkapkan menjadi salah satu resep BAB bayinya tetap lancar.

“BAB alhamdulillah lancar, karena Sheva sudah mulai belajar makan menu tunggal pas dia 5 setengah bulan jadi pencernaannya udah terbiasa,” tulis pada caption foto.

(Baca juga : Kapan Sembelit pada Bayi Perlu Diwaspadai)

Namun begitu, Ussy mengaku baru mulai memberikan dua sampai tiga macam campuran makanan padat sejak kemarin, karena kata dokter usus bayinya juga tidak ada masalah berarti.

 

Untuk sarapannya, Ussy memberikan bubur dari campuran sayuran bergizi tinggi.

“Sheva pagi ini sarapan bubur nasi, jagung manis di parut, tomat, semua direbus terus disaring. Yes, 1 mangkok segini abis.”

Agar bayi tak sembelit, menurut dr. Rini Purwanti Sp.A, beberapa bayi ternyata lebih sensitif tehadap perubahan pola makan tersebut. “Keras lunaknya tinja ditentukan oleh cepat atau lambatnya pergerakan makanan di usus besar,” ujarnya di tabloid Nakita Edisi 848.

(Baca juga : Bayi Jadi Sembelit Setelah Diberi MPASI)

Ibu sebaiknya menggunakan bahan makanan yang lebih banyak mengandung air.  Asupan air lebih banyak akan mengurangi risiko masalah pencernaan apalagi pada awal pengenalan makanan padat.

Untuk mencegah sembelit pada bayi, Jane Morton, MD, seorang profesor klinis pediatri di Stanford University mengungkapkan perlu adanya pengawasan pada pemberian pisang serta aneka produk susu pada pengenalan awal makanan bayi. Pisang sendiri memiliki kandungan pectin yang tinggi sehingga menimbulkan sembelit.