Flu dan Pilek, Dua Penyakit Berbeda dengan Gejala Mirip (Bebaskan Napasnya, Kembalikan Cerianya)

By Saeful Imam, Kamis, 15 November 2018 | 17:57 WIB
Flu dan pilek, dua penyakit dengan gejala mirip (iStock)

Nakita.id - Flu dan pilek adalah dua penyakit berbeda. Keduanya sebagian besar disebabkan oleh virus sehingga bisa sembuh sendiri. Kabar baiknya, orangtua dapat meringankan gejalanya dengan cara ini.

Selama ini banyak yang beranggapan flu adalah pilek dan pilek adalah flu. Keduanya dianggap sama karena gejalanya pun mirip. Bersin-bersin, hidung meler, rewel, dan mata merah. Padahal, keduanya tidak sama.

Flu atau dalam istilah medis disebut influenza adalah pilek yang disertai demam. Gejalanya, bersin-bersin, hidung meler, hidung tersumbat, batuk disertai dahak, sesak napas, tenggorokan kering dan sakit, demam tinggi, sakit kepala kadang nyeri otot.

Sedangkan pilek adalah gejala keluarnya ingus banyak (rhimrrhea) yang disebabkan virus maupun alergi. Pilek yang disertai batuk dalam bahasa Inggris disebut common cold. Gejalanya bersin bersin, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, tapi jarang diikuti demam. Jika tak segera tertangani pilek bisa berlanjut menjadi flu.

JANGAN BURU-BURU BERIKAN OBAT

Saat anak terkena flu atau pilek, orangtua biasanya langsung panik. Apalagi demi melihat anaknya lesu, rewel, dan tak mau makan. Kepanikan orangtua semakin bertambah. Mereka menganggap, baik flu maupun pilek harus segera disembuhkan.

Ujung-ujungnya, mereka mencari obat untuk menyembuhkannya. Padahal, seperti diungkap situs milik American Academy of Pediatrics (AAP), sebagian besar penyakit flu atau pilek disebabkan oleh virus. Untuk itu, penyakit ini sebenarnya dapat sembuh sendiri alias self limiting disease.

Memberi obat sebenarnya justru tidak efektif, bahkan memicu efek samping yang tidak baik bagi tubuh anak. Ingat, obat berisi zat kimia yang kalau tidak digunakan secara tepat dan rasional, berisiko membahayakan kesehatan.

RINGANKAN GEJALA DENGAN CARA BERIKUT

Meski dapat sembuh sendiri, penyakit flu maupun pilek memiliki gejala yang dapat mengganggu aktivitas si kecil. Ia menjadi tak bergairah menjalani rutinitas, susah tidur, malas makan, dan mungkin kerap merengek agar ditemani. Untuk itu, orangtua perlu membantu untuk meringankan berbagai gejala flu dan pilek yang menyerang.

Salah satunya dengan membuatnya nyaman. Ibu bisa menemani anak saat sakit. Duduklah di dekatnya, temani dan hibur anak. Dengan begitu anak akan merasa nyaman. Saat nyaman, kekebalan tubuhnya akan meningkat dan membantu kesembuhan.

Agar lebih nyaman, orangtua juga dapat membalurkan balsam hangat. Salah satu balsam yang direkomendasikan dokter anak dan berpengalaman selama 30 tahun membantu meringankan gejala flu dan pilek adalah Transpulmin.