Ingin Wajah Putih Alami? Yuk, Buat Masker Wajah dari Bahan-bahan Dapur Ini!

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 8 September 2017 | 08:45 WIB
Masalah Wajah Saat Hamil dan Cara Mengatasinya (Puri)

Nakita.id - Seringnya kulit yang terkena paparan kotoran dan debu akan membuat wajah menjadi kusam dan gelap. Karenanya, banyak perempuan yang kurang percaya diri bila memiliki kondisi seperti ini, sehingga banyak cara yang dilakukan agar bisa memiliki kulit wajah yang mulus dan putih sempurna.

Salah satu cara yang paling banyak dicoba banyak perempuan ialah dengan membeli resep masker pemutih kulit.

Biasanya, resep masker pemutih kulit dari dokter kulit selain harganya mahal, efeknya cepat karena ada bahan-bahan kimia di dalamnya.

(Baca juga : Kulit Muka Kembali "Cling" Setelah Melahirkan Berkat Masker Kefir)

Karena tak ingin ambil risiko, banyak orang mulai mencari resep masker wajah yang bisa dibuat sendiri di rumah dan tentunya menggunakan bahan-bahan alami yang harganya murah!

Meskipun mempersiapkan masker pemutih kulit tidak memakan banyak waktu, pastikan Ibu membiarkannya tetap berada di kulit wajah untuk waktu yang sedikit lebih lama, untuk melihat perubahan yang nyata.

Masker pemutih kulit ini bereaksi pada sel kulit dan pori-pori, yang sekaligus mampu membersihkan dan mengecilkan pori-pori kulit agar tampak lebih mulus dan kencang. Berikut caranya!

(Baca juga : Agar Kulit Wajah Terlihat 10 Tahun Lebih Muda, Atasi Masalahnya)

1# Jus Lemon + Susu

Dengan membuat masker wajah dari jus lemon, Ibu juga harus mencampur susu dingin. Jika terlalu kental, tambahkan beberapa air.

Oleskan masker wajah yang sudah jadi ini di seluruh kulit kusam, tunggu 15 menit lalu bersihkan dengan air. Karena bau dari lemon sedikit kuat, Ibu bisa menggunakan jus lemon ini sebagai masker pemutih kulit sebelum mandi.

2# Tomat + Oatmeal

Potong-potonglah tomat dan giling sampai halus. Campur olahan tomat tersebut dengan bubuk oatmeal yang berfungsi sebagai scrub agar sel-sel kulit mati dapat terangkat. Pijat seluruh kulit kusam dan cuci dengan air dingin.

(Baca juga : 6 Cara Alami dan Praktis Kecilkan Pori-Pori Seperti Kulit JERUK)

3# Kulit Jeruk + Lengkuas

Siapkan kulit jeruk di rumah, lalu campurkan kulit jeruk dengan lengkuas dan pijat di kulit wajah yang kusam. Masker ini akan kering dengan cepat, dan Ibu bisa mencucinya dengan air dingin.

4# Gram Tepung (chickpea) + Air

Ambil satu sendok teh gram tepung, tambahkan setengah cangkir air. Tekstur campurannya bisa sedikit cair. Oleskan campuran gram tepung ke seluruh kulit kusam, biarkan kering dan bersihkan.

Keunggulan bila Ibu memakai masker pemutih kulit dari gram tepung adalah bahwa masker ini menunjukkan hasil instan.

5# Madu, Jus Lemon, Susu Bubuk + Minyak Almond

Meski campuran bahan masker ini tampak banyak dan rumit, namun menyiapkan masker pemutih kulit ini mudah jika Ibu memiliki keempat bahan tersebut.

Ambil setengah sendok makan madu murni, peras lemon, tambahkan sejumput susu bubuk dan aduk hingga merata. Setelah berwarna kuning muda, tuangkan beberapa tetes minyak almond dan oleskan pada kulit. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air dingin.

(Baca juga : Kulit Wajah Mulus Dan Bebas Jerawat Berkat Seledri)

6# Labu, Madu + Susu

Ambil lima sampai delapan potongan labu kecil dan tumbuk hingga halus. Kemudian tambahkan setengah sendok makan madu murni dengan dua sendok makan susu.

Bila semua tercampur rata, oleskan campuran masker ini di seluruh kulit wajah, tunggu selama 20 menit dan cuci dengan air dingin.

Ibu bisa menyiapkan masker pemutih kulit labu dan menyimpannya di lemari es selama sehari.

Selamat mencoba, Bu!

(Sumber : Skin Whitening Masks That Can Be Made At Home With Simple Kitchen Ingredients)