Kiat Ampuh Menumbuhkan Minat Belajar Anak Sejak Dini

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 8 September 2017 | 09:40 WIB
Anak yang terlalu cepat sekolah bisa cepat bosan belajar. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Mood belajar anak biasanya disesuaikan dengan suasana hati dan ruang belajarnya. Nah, kini orangtua tak perlu khawatir untuk melatih anak berkonsentrasi belajar di rumah. Selain berprestasi di sekolah, anak juga semakin diajarkan membagi waktu antara belajar dan bermain.

Menurut Business Manager Dekoruma, Rafi Sarumaha, ada beberapa cara untuk menumbuhkan minat belajar pada anak.

Misalnya, melakukan perubahan pada desain ruang belajarnya sehingga menimbulkan atmosfer yang menyenangkan.

(Baca juga : Ingin Tahu Bakat Anak? Ini Cara Menggalinya Sejak Usia Dini)

Selain itu, orangtua mungkin juga harus memperhatikan perangkat belajar yang sesuai tinggi badan anaknya.

"Belajar dengan duduk melantai memang menyenangkan dan terkesan santai. Tapi hati-hati, hal ini akan membuat si kecil terbuai dan tak jadi belajar. Cara untuk menjaga konsentrasi mereka adalah dengan menyediakan meja belajar agar tidak terlalu santai hingga kurang fokus," ujar Rafi, Jumat (8/9/2017).

Untuk anak-anak, ada banyak meja belajar yang berwarna cerah dengan gambar karakter fiktif favoritnya. Biasanya, meja ini sudah dilengkapi dengan rak buku dan laci untuk menyimpan buku sekolahnya.

Meja belajar anak ini tentunya lebih nyaman karena didesain sesuai dengan tinggi badan mereka. Jadi, mereka tak akan kesulitan atau merasa mudah lelah saat membaca atau menulis di atasnya.

(Baca juga : Agar Anak Bisa Cepat Membaca)

Hal selanjutnya yang juga harus diperhatikan yakni rak buku dan lampu baca yang menarik perhatian. Jika meja belajar anak belum dilengkapi rak buku, maka Rafi menyarankan para orangtua agar memilih rak buku dengan ketinggian yang mudah dijangkau si kecil.

Dengan tinggi yang sesuai, si kecil akan lebih mudah melakukan eksplorasi mengambil buku-buku favoritnya tanpa harus selalu melibatkan orangtua.

"Lampu baca juga tak kalah penting. Dalam memperkuat penglihatan anak, membantu menyediakan cahaya tambahan saat mereka sedang membaca itu penting. Dengan cahaya yang cukup dan disesuaikan, kedua mata anak pun akan bekerja lebih santai," ucapnya.

Rafi juga mengungkapkan bahwa anak membutuhkan banyak stimulus yang bisa merangsang keinginannya agar lebih semangat belajar.

(Baca juga : Anak Laki-laki Sulit Belajar)

Agar anak dapat belajar dengan baik, orangtua tentunya harus menyediakan perangkat belajar yang lengkap mulai dari buku tulis, pensil warna, hingga lem dan kertas warna-warni agar mereka bisa berkreasi.

"Agar semua benda tersebut tampak lebih rapi dan menarik perhatian, atur dan tempatkan semua peralatan belajar di tempat yang bagus dan menyenangkan bagi mereka. Simpan di kotak yang memudahkan mereka saat ingin menggunakannya, buat agar mereka bisa mengambilnya sendiri tanpa perlu bantuan orang dewasa. Kotak organisir ini bisa ditemukan di toko-toko online semacam Dekoruma yang bisa menghemat banyak waktu dan uang. Untuk brand terbaik, bisa membeli produk IKEA di Dekoruma," jelasnya.

Yang terakhir, orangtua diingatkan agar memberikan apresiasi pada anak ketika mereka sudah semangat belajar.

Apresiasi itu tak hanya dengan pujian verbal, namun juga harus menunjukkan kebanggan tersebut melalui perilaku yang lebih terlihat.

Misalnya, dengan memajang hasil karya mereka di ruang belajarnya agar semakin termotivasi.

"Kumpukan gambar, tulisan, origami atau apapun yang mereka buat dengan susah payah. Jadikan ruang belajarnya sebagai galeri seni yang memajang hasil karyanya agar mereka merasa semua yang dilakukannya diapresiasi dengan baik," tuturnya.

(Artikel ini sudah ditayangkan di Tribunnews dengan judul: Cara-Cara Menumbuhkan Minat Belajar Anak: Dari Desain Ruang Hingga Perangkat Belajar)