Sedikit Saja Merasa Sedih Bisa Memicu Penyakit Kronis, Ini Sebabnya!

By Fadhila Afifah, Sabtu, 17 November 2018 | 19:18 WIB
Kesedihan dapat memicu penyakit kronis (Pexels)

 

Nakita.id - Nampaknya tidak ada manusia yang tidak pernah merasakan kesedihan, meskipun tingkat kesedihan itu rendah.

Moms pasti tahu bahwa tekanan psikologis selalu mengacu pada gejala kesehatan mental mulai dari kecemasan ringan hingga depresi, dan sudah jelas pula kesedihan kronis dapat menyebabkan penyakit mental tersebut terjadi.

Namun, para peneliti dari Inggris mengungkapkan bahwa tingkat  kesedihan rendah atau sedang pun dapat berdampak pada risiko penyakit kronis.

Penelitian berjudul "The effects of psychological distress and its interaction with socioeconomic position on risk of developing four chronic diseases" telah dipublikasikan dalam Journal of Psychosomatic Research pada 13 April.

Baca Juga : Berita Kesehatan Anak: Berbagai Risiko Kesehatan Anak Prematur

Tingkat stres yang tinggi telah dikaitkan dengan peradangan dan timbulnya kondisi seperti arthritis, diabetes, penyakit jantung, penyakit paru-paru - khususnya gangguan obstruktif paru kronis (CPOD).

Tetapi Catharine Gale, seorang profesor dari University of Southampton di Inggris, ingin mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana tingkat kesedihan rendah dan tingkat sedang distress mungkin terkait dengan kondisi seperti itu.

Gale melakukan studi baru bersama Kyle McLachlan dari Universitas Edinburgh, Skotlandia.

Baca Juga : Catat Berbagai Hal yang Membuat ASIP Cepat Rusak, Yuk Cegah Moms