Ini Alasan Ibu Benar-benar Harus Mulai Merawat Kuku

By Dini Felicitas, Senin, 11 September 2017 | 00:30 WIB
Kondisi kesehatan bisa dilihat dari penampilan kuku (Dini Felicitas)

Nakita.id - Jika ingin tahu kondisi kesehatan seseorang, perhatikan bentuk kukunya. Sama seperti kulit, kuku juga bisa memberikan informasi mengenai bagaimana kesehatan organ dalam tubuh.

Seorang ahli gizi dan penulis asal Australia, Fiona Tuck, berpendapat bahwa warna, bentuk, kekuatan, dan tekstur kuku bisa memberitahukan apa yang terjadi di dalam tubuh seseorang. Konsumsi makanan sehat yang tepat adalah jawaban untuk kuku yang sehat.

“Meski kuku kaki juga bisa dijadikan acuan, namun mereka lebih sering terkena trauma sehingga tidak bisa selalu dijadikan sumber informasi yang andal. Karena itu, perhatikan kuku tangan Ibu karena banyak tanda di sana,” kata Tuck.

Tuck menjelaskan, kuku yang rapuh dan mudah patah dapat mengindikasikan kurangnya asupan lemak, protein, vitamin A, zat besi, dan kalsium dalam tubuh. Sementara itu, bintik putih atau garis pada kuku mungkin dikarenakan kekurangan seng atau vitamin B6.

Lalu bagaimana dengan kuku yang terlihat pucat? Diet yang berlebihan ternyata bisa menjadi penyebabnya. Menurut Tuck, warna kuku yang pucat bisa terjadi karena kekurangan besi, protein, atau gangguan ginjal dan hati. Sementara pada perokok, kuku tidak hanya bisa terlihat pucat, tapi juga berubah warna dan kelihatan tidak sehat.

Saat tubuh kekurangan asupan protein hewani, kuku juga bisa menjadi terlalu kering atau mengelupas. Lalu, jika kuku kering dan tidak cepat tumbuh, maka kemungkinan merupakan indikasi kekurangan vitamin A atau zat besi.

Memiliki tonjolan pada kuku, baik vertikal atau horizontal, juga merupakan tanda ada sesuatu yang terjadi dalam tubuh. Tonjolan kuku secara horizontal biasanya disebabkan oleh trauma atau kerusakan pada matriks kuku, sementara yang berbentuk vertikal berhubungan dengan saluran pencernaan yang lemah sehingga mengakibatkan penyerapan nutrisi terganggu.

Untuk mendapatkan kuku yang sehat, Tuck mengatakan sama seperti ingin mendapatkan tubuh sehat, yaitu dengan mengonsumsi protein berkualitas baik.

“Ayam organik, telur, tahu, daging merah tanpa lemak, ikan, kacang mentah, dan biji-bijian akan meningkatkan vitalitas pada kulit, kuku dan rambut menjadi lebih baik. Makanan kaya silika seperti mentimun, jelai, gandum, sayuran akar, sayuran hijau daun, seledri, dan sereal juga bermanfaat. Jangan lupa snack seperti kenari dan biji bunga matahari, serta tambahkan asupan ikan berminyak dan alpukat,” jelas Tuck.