Bayi 7 Bulan Menderita Luka Bakar Parah Saat Menyentuh Mesin Cuci. Ini Penyebabnya

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 11 September 2017 | 01:30 WIB
Bayi 7 Bulan Menderita Luka Bakar Parah Saat Menyentuh Mesin Cuci. Ini Penyebabnya (Santi Hartono)

Nakita.id - Seorang bayi mengalami luka bakar parah di telapak tangannya setelah diduga si anak menyentuh mesin cuci yang memiliki suhu panas hingga 98 derajat Celcius.

Kelly Titmus, sang ibu mengatakan bahwa anaknya Walter masih menjalani waktu delapan bulan perawatan setelah mesin cuci merek Beko membakar kulit bayi usia 7 bulan tersebut hingga tangannya melepuh di kediamannya kawasan Cambridgeshire.

Baca juga : Meski Menggunakan Tabir Surya, Batita ini Mengalami Luka Bakar Tingkat Pertama

Akibatnya, Walter sontak menjerit kesakitan setelah menyentuh mesin cuci yang digunakannya sebagai penopang tubuhnya untuk berdiri. Melihat kondisi luka anak yang parah, Kelly membawanya ke UGD untuk mendapatkan penanganan darurat.

Kelly, (34), dan suaminya Wayne, (29), kini sedang mengambil tindakan hukum yang dilayangkan kepada perusahaan alat rumah tangga dan elektronik merek Beko.

Ibunya mengatakan, "Saya mendengar teriakan Walter, jadi saya cepat-cepat mengangkatnya dan ketika saya menyentuh kaca itu, panasnya mendidih dan membakar telapak tangan kanan Walter dan ujung jari di sebelah kirinya.”

Baca juga : Mengerikan! Anak 7 Tahun Ini Sempat Pakai Tato Henna, Ini yang Terjadi Pada Tangannya Sekarang

"Ini adalah saat yang mengerikan bagi kita semua, tapi sangat menyedihkan bagi Walter yang sedang menjerit kesakitan," tambah Kelly.

Yang perlu diketahui, mesin cuci Beko WM74165W kala itu sedang dalam keadaan menyala karena sang ibu tengah mencuci pakaian si kecil. Ternyata, Kelly memperpanjang waktu pencucian dan menggunakan metode pembilasan ekstra untuk mencuci pakaian Walter.

Menurut dokumen uji panas menunjukkan suhu kaca sebaiknya tidak mencapai lebih dari 78,5 derajat Celsius. Pasangan tersebut mengatakan alasan mereka melakukan tindakan hukum untuk melawan Beko, yakni mereka mencoba menghentikan kasus yang sama terulang kembali dengan anak-anak lainnya.

"Kami ingin menekankan bahwa kami tidak ingin ada anak lain yang terluka akibat kaca panas yang mencapai suhu di atas batas aman,” tutur Kelly.

Baca juga : Cara Sederhana Mengobati Luka Si Kecil

Walter, yang sekarang berusia 15 bulan, masih menjalani perawatan untuk luka bakar dan belum jelas apakah luka bakar tersebut bisa menjadi luka permanen atau tidak.

Sementara pihak Beko sendiri juga tak tinggal diam. Mereka menyalahkan pihak Kelly yang telah mencuci pakaian bayi dengan cara yang tak biasa serta kelalaian Kelly yang membiarkan anaknya berada dekat dan menyentuh mesin cuci.

Melihat kasus ini, hal yang pertama perlu dicegah ialah dengan selalu mengawasi anak yang sedang aktif belajar berdiri dan berjalan agar tidak menyentuh perabotan rumah tangga yang sekiranya berbahaya bagi keselamatan si kecil, termasuk mesin cuci.

Tidak hanya mengenai masalah luka bakar akibat mesin cuci yang panas, tapi yang perlu disadari bahwa mesin cuci tersebut sangatlah berbahaya jika anak memainkan colokan listrik, bermain air, yang bisa menyebabkan kematian tak terduga. Tetap waspada ya, Bu! (*)

(Sumber : Seven-Month-Old Baby 'Suffers Severe Burns When He Touches Washing Machine After It Had Overheated To Near Boiling Point)