Bayi Kecil Harus Tidur 18 Jam Sehari, Bayi Besar Tidur 7—8 Jam Sehari

By je, Kamis, 14 September 2017 | 04:30 WIB
Perlukah Membuat Jadwal Makan Dan Tidur Bayi? (Gisela Niken)

Nakita.id - Dalam sehari (24 jam), bayi kecil membutuhkan tidur hingga 18 jam. Pada bulan ketiga dan keempat kehidupannya, bayi membutuhkan tidur paling tidak 7—8 jam, bahkan hingga 10 jam dalam satu hari. Namun pada kenyataannya, kecukupan tidur tersebut acap kali tidak terpenuhi.

Alasan tidak tercukupinya kebutuhan tidur bayi, tak lain karena tidurnya terganggu. Bayi susah untuk kembali  tidur setelah terjaga dan ia lebih memilih bermain. Nah, supaya hal ini tak terjadi, maka selama bayi tidur, lingkungannya harus kondusif. Ruangannya sejuk, nyaman, dan tidak bising. Jangan pula ada gerakan-gerakan seseorang atau benda yang bisa membuat bayi terganggu.

Baca juga: Pola Tidur Bayi Baru Lahir

Siang hari, aneka gangguan tersebut biasanya tidak ada, karena semua anggota keluarga beraktivitas.  Tak demikian dengan malam hari, saat semua anggota keluarga sudah tiba, gangguan demi gangguan pun bermunculan.

Apa yang harus dilakukan? Ini ada beberapa trik untuk membuat si kecil bisa tidur nyenyak di malam hari:

1. Malam hari lakukan rutinitas yang menenangkan.

2. Sebelum mengajak bayi tidur, bersihkan tubuhnya. Ibu bisa mengelap tubuh si kecil dengan air hangat dan mengganti pakaiannya dengan baju tidur.

3. Kemudian, nyanyikan lagu pengantar tidur, membacakan sebuah cerita atau mendongenginya. Aktivitas ini bisa membantu bayi rileks. Namun ingat, ya, Bu, jangan sampai ada yang bermain aktif hingga bayi tidur.

4. Sebelum bayi mengantuk, jangan letakkan bayi di dalam boksnya. Setelah bayi mengantuk, barulah letakkan ia di tempat tidurnya.

5. Redupkan ruangan dan usahakan suasana hening di kamar bayi. Ini akan membantu bayi belajar tidur di tempat tidurnya.

Baca juga: Posisi Tidur Bayi Yang Aman Menurut Rekomendasi Dokter

6. Jangan melakukan gerakan mendadak dan mengagetkan, tak terkecuali batuk. Suara-suara tersebut akan membuat bayi terjaga kembali.