4 Hal yang Harus Diwaspadai Orangtua Saat Musim Panas

By je, Kamis, 14 September 2017 | 05:30 WIB
Mandi air panas dapat merusak kualitas sperma (Gisela Niken)

Nakita.id - Saat musim panas, tidak ada halangan bagi anak-anak untuk melakukan aktivitas yang mereka suka, apalagi kegiatan di alam terbuka. Kendati demikian, orangtua sudah seharusnya bisa mengontrol anak-anak dan menjaga anak-anak dalam aktivitasnya agar tetap aman. Untuk itu, ada beberapa hal yang penting orangtua perhatikan dalam berkegiatan di musim panas.

Baca juga: Masuk Musim Panas, Waspadai Serangan 8 Virus Berikut Ini!

1. Kegiatan yang berhubungan dengan air sangat populer di musim panas. Apalagi aktivitas ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Nah, supaya tetap aman saat bersenang-senang di air, ini yang perlu dilakukan:

* Pastikan air dalam kolam ber-Ph baik. Cirinya: saat dicium, baunya tidak menyengat dan air tidak membuat kulit jadi kering. * Pastikan kedalaman kolam pas untuk anak. Tapi ingat, sedangkal apa pun kolam, air tetap bisa membuat anak tenggelam. Jadi, anak tetap harus didampingi selama di dalam air.  * Jika di rumah ada kolam renang, batasi pinggirannya dengan pagar agar anak tidak mudah masuk. 2. Saat berkegiatan di musim panas, panas matahari kerap diabaikan. Padahal, banyak penyakit yang berhubungan dengan panas matahari yang risikonya cukup tinggi pada bayi dan anak-anak. Panas matahari bisa membuat daya tahan tubuh dan kekuatan fisik drop.

Mencegahnya, kontrol dan pengawasan ada pada orangtua. Jadi, orangtua harus pandai-pandai mengatur jadwal berapa lama anak berada di bawah sinar matahari langsung. Jadwalkan kegiatan di luar ruangan dengan saksama pada pagi dan sorei.

3. Penting diperhatikan, hanya beberapa sengatan sinar matahari yang serius dapat meningkatkan risiko anak terkena kanker kulit di kemudian hari. Kulit mereka membutuhkan perlindungan dari sinar ultraviolet (sinar UV) yang berbahaya setiap saat berada di luar rumah.

Baca juga: 7 Masalah Kulit di Musim Panas dan Cara Mengatasinya

Pakaian yang menutupi kulit membantu melindungi dari sinar UV. Selain itu, tabir surya dengan perlindungan SPF (sun protection factor) 15 serta UVA (ultraviolet A) dan UVB (ultraviolet B), juga bisa diandalkan untuk mengatasi masalah ini. 4. Musim panas banyak penyakit menular. Lindungi diri dan keluarga dari gigitan nyamuk yang membawa virus zika, west nile, dan penyakit lyme, yang dapat ditularkan oleh serangga. Gunakan penolak serangga yang efektif saat bermain di luar ruangan. Baiknya jadikan halaman belakang rumah sebagai zona yang aman.