Sedang Hamil Anak Kedua, Ini yang Sempat Ditakuti Donita

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 15 September 2017 | 06:00 WIB
Sedang Hamil Anak Kedua, Ini yang Sempat Ditakuti Donita (Santi Hartono)

Nakita.id - Memasuki usia pernikahan yang ke 3 tahun, pasangan selebriti Donita dan Adi Nugroho kini kembali menantikan kelahiran anak kedua. Sebelumnya, keduanya telah dikaruniai anak laki-laki sehat dan aktif bernama Athariz Alfarizqi Svarga Nugroho yang belum genap 2 tahun.

Dalam sebuah acara pengajian yang diabadikan dalam foto, Donita mengunggahnya dengan memberikan caption tentang curahan hati setelah tahu bahwa ia sedang hamil.

 

“Awalnya bingung, karena Svarga belum 2 tahun harus berbagi kasih sayang dengan adiknya.. Ada perasaan ketakutan, bagaimana cara membaginya? Apakah akan berkurang?,” ungkapnya.

Namun, hal ini membuatnya kembali berpikir positif dan yakin bahwa kasih ibu tak akan membeda-bedakan anak.

Baca juga : Aneh Tapi Nyata: Ibu ini Hamil Lagi Saat Sedang Hamil

“Tapi saya pikir kasih ibu sepanjang masa.. tidak akan ada yang namanya cinta yang terbagi, tidak akan pernah ada sayang berkurang.. tapi yang ada, semakin besar cinta kasih kitaaa..,” tulisnya.

Tidak hanya Donita dan suami, tetapi Svarga pun tampaknya bahagia dengan kehadiran si calon adik. “Sampai sekarang Svarga kalau ditanya mau punya adik atau enggak jawabnya pasti enggak mau.. tapi kalau ditanya happy enggak mau punya adik? Jawabnya happy,” tambahnya.

Ia berharap semoga kehamilannya ini selalu diberikan kesehatan dan kelancaran hingga persalinan.

Namun, sebaiknya ada hal yang perlu Ibu lakukan kepada si kakak yang akan memiliki adik bayi. Bekal utama yang wajib diberikan kepada anak pertama adalah menyiapkan mentalnya.

Baca juga : Hamil Lagi Saat Anak Pertama Masih Bayi, Apa yang Perlu Dilakukan

Hal ini menjadi penting karena kelak memengaruhi hubungan antara kakak dengan adiknya hingga besar. Tentunya, Ibu tidak ingin salah satu anak tumbuh dengan rasa cemburu, persaingan atau malah kebencian.

Persiapan harus dilakukan jauh hari sebelum kedatangan si adik di rumah. Dimulai dengan memilih waktu yang tepat untuk mengabarkan bahwa akan ada anggota baru di rumah beberapa bulan lagi.

Bila usia kakak masih di bawah empat tahun, sebaiknya Ibu menyampaikan kabar baik itu menjelang tanggal kelahiran si adik, meski dia bakal penasaran ketika mulai melihat perubahan di perut Ibu.

Ibu mungkin tak sabar menghitung hari kedatangan si bayi. Tetapi di saat bersamaan sebaiknya Ibu juga waspada akan perubahan emosi si kakak. Bukan tidak mungkin dia akan lebih sering menunjukkan emosi daripada keceriaan menyambut adiknya yang akan lahir.

Baca juga : Zaskia Adya Mecca Kaget Hamil Lagi, Ini Alasannya

Kakak mungkin saja berubah menjadi pemarah, cemas ataupun resah. Jika hal itu sudah terjadi, cara paling ampuh adalah dengan mengajaknya berbicara.

Sampaikan kepada kakak, bahwa adik bayi pasti akan senang mempunyai kakak yang menyenangkan seperti dia.

Untuk memberikan dukungan mental kepada kakak, Ibu dan Ayah sebaiknya tidak mengucapkan kalimat yang negatif ketika meminta kakak memberikan tempat tidurnya untuk adik bayi. Sampaikan kepadanya dengan mengatakan dia kini sudah menjadi gadis besar atau kakak yang sudah besar dan kuat. (*)