4 Jenis Makanan yang Sering Dikonsumsi Anak Ini Ternyata Menghambat Tumbuh Kembangnya

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 19 September 2017 | 03:30 WIB
Makanan berbahaya untuk anak yang mengancam tumbuh kembangnya (Santi Hartono)

Nakita.id – Makanan tentunya memainkan peran penting pada tumbuh kembang anak si kecil. Para Ibu kadang tak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi anak bisa jadi berbahaya dan mengganggu tumbuh kembangnya. Apa saja makananan tersebut?

Baca juga: Tak Disadari, 5 Jenis Makanan yang Sering Diberikan kepada Bayi Ini Ternyata Berbahaya 

1.Makanan berwarna cerah

Permen atau snack kesukaan anak yang berwarna cerah sebaiknya dikurangi. Pastinya warna yang cerah menarik perhatian si kecil. Sayangnya, jenis makanan dengan perwarna makanan buatan ini akan mengganggu tumbuh kembangnya.

“Pewarna buatan pada makanan akan memicu perilaku buruk seperti hiperaktif pada beberapa anak,” ujar Lisa Lefferts, MSPH, peneliti senior di the Center for Science in the Public Interest. Menurutnya, pewarna ini juga meningkatkan risiko kanker pada anak.

Baca juga: Awas, ini 7 Bahan Kimia Berbahaya yang Terkandung Pada Makanan Anak 

2.Daging olahan seperti sosis dan nugget

Siapa anak yang tak senang dengan daging olahan seperti sosis dan nugget? Pastinya jenis makanan ini jadi makanan kesukaan setiap anak. Padahal, ada banyak bahaya di balik makanan ini.

Menurut Shania Khialani, ahli gizi dari Maria Clarie O Shea mengungkapkan sosis mengandung sodium dan lemak jenuh yang terkait peningkatan risiko penyakit jantung. Bahkan sering mengonsumsi dagin olahan memiliki risiko lebih tinggi terserang tumor otak dan leukemia.

3.Mi instan

Mulai sekarang Ibu perlu membatasi asupan mi instan pada anak. Makanan olahan ini memiliki bahan utama tepung halus yang tidak mengandung vitamin dan mineral penting. Artinya, makanan ini tak punya nilai gizi yang baik.

Bahkan beberapa ahli mengungkapkan monosodium glutamat atau MSG sebagai penambah rasa dalam mi instan akan berbahaya pada perkembangan otak anak.