Pola Makan sesuai Yin dan Yang Membuat Kita Awet Muda dan Tak Mudah Sakit

By je, Rabu, 20 September 2017 | 04:30 WIB
Getuk Ubi Ungu Goreng (Dini)

Nakita.id - Dalam pengobatan tradisional Tiongkok (TCM), makanan dibagi menjadi lima kelompok utama sesuai energi, yaitu: dingin, sejuk, netral, hangat, dan panas. Makanan dingin dan sejuk memiliki energi Yin; sedangkan makanan hangat dan panas memiliki energi Yang. Makanan yang memiliki energi Yin, jika dimasak bisa memiliki energi Yang yang kuat.

Sebenarnya, prinsip makanan dalam pengobatan Tiongkok ini sejalan dengan Pola Makan Gizi Seimbang yang kita kenal sekarang. Prinsipnya adalah bagaimana mengatur supaya asupan makanan ke dalam tubuh kita bisa berimbang, sesuai dengan kebutuhan gizi masing-masing individu. Perbedaannya, kalau penganut ilmu medis alias kedokteran Barat, klasifikasi makanan didasarkan pada komposisi ilmiahnya, yaitu karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin-mineral.

Diluar dari perbedaan Barat dan Timur, yang harus kita lihat adalah keduanya ingin memberikan yang terbaik bagi manusia, selain juga keduanya mempunyai alasan yang kuat serta  bisa dipercaya.

Baca juga: Ingin Cepat Langsing? Ganti Nasi dengan Makanan ini!

Ilmu kedokteran TCM memercayai bahwa makan terlalu banyak makanan panas atau dingin bisa membuat seseorang sakit karena tidak adanya keseimbangan yang didapatkan. Berikut adalah contoh jika terjadi ketidakseimbangan makanan yang kita konsumsi:

Baca juga: Untuk Menjaga Kesehatan Usus, Pastikan Menu Makanan Seperti Ini

Penting diketahui, dalam kasus yang lebih serius, ketidakseimbangan asupan makanan panas dan dingin dapat menyebabkan konstipasi (sembelit), penyakit jantung, diabetes, artritis, asma, hingga sakit kepala.

Tapi jika kita mampu menyeimbangkan makanan yang kita konsumsi sehari-hari, maka tidak hanya daya tahan tubuh kuat, kita pun bisa menjadi awet muda dan berumur panjang.

Berikut ini daftar Kelompok Makanan Yin (dingin, sejuk):

Baca juga:  Hati-hati, Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Ini Saat Hamil Tingkatkan Risiko Gangguan Mental Anak

Berikut ini daftar Kelompok Makanan Yang (hangat, panas):