Penting! Deteksi 4 Penyakit Berbahaya Ini Hanya Melalui Kondisi Mata

By Saeful Imam, Jumat, 22 September 2017 | 04:00 WIB
Waspada Gangguan Mata Saat Hamil (Gisela Niken)

Nakita.id - Mata adalah jendela jiwa! Nah, meski pernyataan itu benar dalam konteks filosofis, jika menyangkut kesehatan, kita tidak akan pernah membayangkan bahwa mata kita bisa memberikan petunjuk tentang penyakit yang akan datang, benarkah?

Namun, kita semua bisa sepakat pada satu hal, mata adalah salah satu organ tubuh yang paling penting, karena setiap orang memerlukan penglihatannya untuk melakukan setiap aktivitas.

Tanpa penglihatan, kita pasti tidak dapat menjalani kehidupan normal, karena penglihatan adalah salah satu kekuatan sensorik yang sangat penting.

(Baca juga : 2 Penyakit Akibat Bakteri yang Sering Menyerang Kemaluan Wanita)

Bayangkan hidup tanpa penglihatan, terlepas dari kenyataan bahwa kita tidak dapat melihat dunia, kita juga akan bergantung pada orang lain untuk membantu kita menjalani kehidupan normal, setidaknya sampai batas tertentu.

Jadi, kita harus melakukan semua yang kita bisa agar mata tetap sehat dan aman, sama seperti kita berusaha merawat organ vital tubuh.

Kini, kebanyakan orang akhir-akhir ini menghasilkan gaya hidup yang tidak sehat, dengan pekerjaan yang mengharuskan kita menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, telepon, dan lain-lain sepanjang hari.

(Baca juga : Ini Penyakit yang Berisiko Muncul Akibat Kipas Angin dan AC)

Bahkan jika pekerjaan kita tidak memerlukan penggunaan gadget berlebih, alat ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan gadget berlebihan bisa membuat mata lebih lemah.

Jadi, sangat penting untuk rutin mengecek kesehatan mata kita secara teratur untuk memastikan penglihatan kita benar dan tidak ada penyakit.

Sekarang, tes mata juga dapat membantu mendeteksi penyakit utama seperti kanker, penyakit jantung dan banyak lagi, menurut sebuah penelitian baru!

(Baca juga : 5 Penyakit Penyebab Bayi Rewel yang Umum Terjadi)

1. Diabetes

Dalam tes mata rutin, sejumlah perdarahan kecil di retina, yang disebabkan oleh semburan vena dapat mengindikasikan adanya diabetes pada seseorang.

2. Tumor Otak

Tumor otak adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan dan sangat umum terjadi.

Saat memeriksa mata, perubahan penglihatan yang tidak normal, warna saraf optik, pelebaran pupil, dan sebagainya, dapat membantu mendiagnosis keberadaan tumor otak.

3. Penyakit Jantung

Penyakit jantung sangat umum di kalangan orang tua akhir-akhir ini dan penyebab paling jelas penyakit jantung adalah kolesterol tinggi dan hipertensi.

Bila spesialis mata memerhatikan cincin putih di sekitar kornea, ini bisa menjadi indikasi adanya kolesterol tinggi atau BP tinggi, yang kemudian dapat menyebabkan penyakit jantung.

(Baca juga : Hati-hati, Sarapan Favorit Malah Bisa Jadi Penyakit)

4. Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit berbahaya di mana sistem kekebalan tubuh menghancurkan lapisan pelindung jaringan saraf, menyebabkan kerusakan organ serius.

Melakukan tes mata dapat membantu menentukan adanya multiple sclerosis, karena saraf optik biasanya bengkak pada orang dengan penyakit mematikan ini.