10 Hal yang Tidak Diketahui Tentang Bayi

By je, Jumat, 29 September 2017 | 01:00 WIB
Pertumbuhan Bayi Prematur (Ajeng )

Nakita.id - Orang dewasa menganggap dirinya telah mengetahui seluk-beluk bayi, dari fesesnya hingga kebiasaannya, juga tanda-tanda lahirnya. Namun setelah membaca artikel ini, dijamin akan membuat kita terbelalak, karena masih ada hal yang luput dari pengetahuan kita tentang bayi

1. Kotoran pertama bayi tidak berbau busuk.

Ini benar adanya dan boleh dites. Feses pertama bayi, biasanya berwarna hitam-tar, strukturnya berasal dari mekonium-lendir, cairan dari rahim, dan lainnya yang dikonsumsi bayi selama di dalam rahim. Walaupun bentuknya seperti itu, tapi fases tersebut tidak bau busuk, dijamin! Kenapa? Karena tidak ada bakteri usus yang membuat bau busuk. Begitu bayi mulai menyusu, bakteri mulai hadir di usus bayi. Saat fesesnya keluar, pasti akan menimbulkan bau "semerbak" khas feses bayi.

Baca juga: Catat! Ini 4 Perawatan Penting Bayi Baru Lahir

2. Bayi suka berhenti bernapas.

Boleh dicek, setiap kali bayi tidur, bayi suka berhenti napas selama 5 sampai 10 detik. Jika kedua orangtuanya melihat ini, niscaya akan membuat mereka panik bukan kepalang. Walau hal ini tidak masalah, tetapi perlu diperhatikan. Pasalnya,  jika henti napas terjadi dalam waktu lebih lama hingga bayi berubah menjadi biru, ini adalah sebuah keadaan darurat medis.

3. Amandel alias tonsil menjadi alat pengecap rasa.

Boleh percaya boleh tidak, sensor rasa bayi banyak sekali, selain di lidah juga di are tenggorokan, yaitu tonsil. Perlu diketahui juga, hingga usia 5 bulan, bayi belum bisa merasakan asin, bayi baru bis amerasakan manis, pahit, dan asam.

Baca juga: Ini 10 Fakta Unik Seputar Bayi yang Lahir di Bulan September yang Tak Terduga

4. Bayi menangis tanpa air mata.

Di awal kelahirannya hingga usia 2--3 minggu, tangisan bayi tanpa disertai air mata. Air mata baru muncul saat bayi menangis di usia satu bulan.

5. Bayi baru lahir memiliki payudara, tak terkecuali bayi laki-laki.