Penting Diketahui, Ini Faktor yang Menyebabkan Bayi Sering Terkena Flu

By Soesanti Harini Hartono, Sabtu, 30 September 2017 | 09:00 WIB
Bayi jadi sakit-sakitan sejak ditinggal Mama bekerja? (Dini Felicitas)

Nakita.id - Anak-anak di bawah usia enam bulan yang memiliki kakak atau saudara kandung tertua dua kali kemungkinan dirawat di rumah sakit karena flu dibandingkan anak-anak yang tidak memiliki saudara kandung lebih tua, menurut sebuah penelitian baru.

Flu bisa jadi kondisi yang sangat serius pada bayi karena bisa menyebabkan infeksi paru-paru dan kesulitan bernapas.

Hal ini juga dapat menyebabkan demam yang sangat tinggi hingga mengalami kejang demam.

Hasilnya menunjukkan bahwa di antara anak di bawah enam bulan yang memiliki satu saudara kandung lebih tua, ada sekitar satu rumah sakit tambahan untuk setiap 1.000 anak-anak dibandingkan anak-anak yang tidak memiliki saudara kandung.

(Baca juga : Begini Cara Mencegah Bayi Terkena Pilek)

Bagi mereka yang memiliki dua saudara kandung lebih tua, ada dua tambahan risiko bayi dirawat di rumah sakit untuk setiap 1.000 anak-anak, kata periset tersebut, di koran yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal.

"Anak-anak penyebar virus pernapasan yang sangat efektif seperti flu. Studi kami menunjukkan bahwa saudara yang lebih tua menimbulkan risiko infeksi serius bagi saudara perempuan dan saudara laki-laki mereka," tutur pemimpin penulis Pia Hardelid, dosen di University College London.

Selanjutnya, risikonya juga lebih tinggi untuk bayi yang lahir antara bulan Juli dan Desember, yang akan sangat muda pada awal musim flu.

(Baca juga : Flu dan Pilek Pada Bayi)

"Saat ini belum ada vaksin yang disetujui untuk bayi di bawah enam bulan. Ini berarti kita perlu melihat cara lain untuk meminimalkan risiko infeksi," jelas Pia.

Jadi, jika orangtua memiliki anak sulung yang berusia dua tahun ke atas, sebaiknya divaksinasi dulu.

Hal ini dapat membantu menurunkan infeksi serius pada bayi dan anak kecil yang berada di bawah usia dua tahun, kata para peneliti.

Melakukan vaksin flu pada anak di atas 2 tahun bisa memberikan perlindungan lebih baik terhadap infeksi.

Selain itu, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa vaksinasi yang dilakukan ibu selama kehamilan dapat melindungi bayi muda dari infeksi flu.