6 Cara Efektif Membuat Si Kecil Kembali Tidur Nyenyak Jika Terbangun di Tengah Malam

By je, Kamis, 5 Oktober 2017 | 06:30 WIB
Bayi baru lahir tidur terus, apakah berbahaya? (Saeful Imam)

Nakita.id - Saat si kecil terbangun tengah malam, banyak orangtua langsung gusar. Pasalnya, tidak mudah untuk membuat si kecil kembali tidur. Namun jangan khawatir, Bu. Ada tips jitu yang sudah diteliti efektitivitasnya. Yuk, dicoba!

  1. Saat bayi bangun tengah malam, bisa jadi dia lapar. Coba susui ditempat tidur. Usap punggungnya atau kepalnya, sambil menyugestinya untuk kembali tidur.

Baca juga: Penyebab Sulit Tidur pada Anak yang Patut Disyukuri

  1. Pada  bayi besar, berilah makan saat ia mulai terbangun dan masih tenang. Ciri bayi lapar sering diawali dengan rengekan dan menjadi lebih keras serta lama jika kita abaikan. Namun bila kita merespons apa yang diinginkannya dengan cepat, maka dia tidak akan jadi uring-uringan.
  2. Saat memberi makan bayi di tengah malam kala ia terbangun, hindari menggunakan cahaya yang terang benderang. Cukup lampu tidur yang menyala. Sambil menyuapinya, jangan ajak dia berbincang apalagi bermain, tetapi berikan sugesti agar ia bisa segera tidur jika sudah kenyang.
  3. Kala si kecil terbangun tengah malam, tapi tidak lapar, dengan ciri tidak mau menyusu dan makan, maka tak usah menyalakan lampu kamar, tetapi buatlah dia nyaman dengan cara dipeluk, diusap, dibelai, sambil menyugestinya untuk kembali tidur.

Baca juga: Waspada, Ini 5 Jenis Gangguan Tidur yang Paling Mengerikan

  1. Kala bayi bangun tengah malam dan gelisah, segera cek popoknya. Jika tidak ada masalah, buat dia tenang, jauhkan dari cahaya terang, melantunkan nyanyian pengantar tidur jauh lebih baik, dan letakkan dia kembali ke tempat tidur.
  2. Penting dicatat, saat si kecil terbangun tengah malam, Ibu harus tenang dan rileks. Ingat, bayi sangat peka terhadap perasaan frustrasi orangtuanya..