Cegah Cacat Janin dan ADHD Anak Sejak dalam Kandungan dengan Melakukan Hal Ini

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 5 Oktober 2017 | 08:00 WIB
Pertumbuhan Janin Sesuai Usia Kehamilan yang Normal Terjadi (Gisela Niken)

Nakita.id - Rutin konsumsi multivitamin pada awal kehamilan dapat mengurangi risiko anak-anak mengembangkan autisme, menurut sebuah penelitian.

Para ahli menemukan bahwa anak-anak yang ibunya tidak mengonsumsi vitamin cenderung mengembangkan autisme. Meski begitu, para ahli masih harus melakukan beberapa penelitian kembali.

Para ahli dari universitas dan rumah sakit di Philadelphia, Stockholm dan Bristol, memeriksa data dari 273.107 ibu dan anak-anak mereka yang tinggal di Stockholm. Semua anak lahir antara tahun 1996 dan 2007, dan penggunaan suplemen asam folat, zat besi, dan multivitamin oleh ibu mereka dicatat pada kunjungan antenatal pertama mereka.

Baca juga : Asupan Lain yang Perlu Dikonsumsi Agar Cepat Hamil

Setelah disesuaikan dengan faktor-faktor yang mungkin memengaruhi temuan tersebut, para ahli menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi multivitamin, dengan atau tanpa tambahan zat besi atau asam folat, memiliki kesempatan lebih rendah anaknya mengembangkan autisme dengan kecacatan intelektual.

Ketika zat besi dan asam folat rutin dikonsumsi selama kehamilan, tidak ada bukti konsisten bahwa penggunaannya dikaitkan dengan penurunan risiko autisme, kata penelitian di British Medical Journal.

Pedoman NHS mengatakan bahwa pola makan sehat pada ibu hamil harus diimbangi dengan vitamin dan mineral yang paling mereka butuhkan. Tapi perempuan juga harus mengonsumsi 0,4 miligram asam folat setiap hari selama 12 minggu pertama kehamilan serta 0,01 miligram vitamin D setiap harinya.

Lebih dari satu dari 100 orang berada di spektrum autisme, termasuk sekitar 700.000 orang di Inggris.

Baca juga : 10 Tip Bila Ingin Kehamilan Cepat dan Sehat

Ada banyak karakteristik berbeda yang membentuk autisme, namun bagi beberapa orang mungkin berada di bawah atau terlalu peka terhadap suara, sentuhan, selera, bau, cahaya dan warna.

Mereka mungkin juga menemukan situasi sosial yang menantang dan mengalami kecemasan berlebihan. Untuk itu, jangan lupa imbangi gizi selama hamil dengan konsumsi suplemen atau vitamin yang juga dapat memerkuat janin ya, Bu!