Memar Bisa Jadi Salah Satu Tanda Leukemia Anak, Ketahui Tanda Lainnya!

By Anisyah Kusumawati, Senin, 31 Desember 2018 | 14:31 WIB
Memar bisa jadi tanda leukemia anak (kmatija)

 

Nakita.id - Leukemia adalah kanker jaringan pembentuk darah tubuh, termasuk sumsum tulang dan sistem limfatik.Leukemia biasanya melibatkan sel darah putih yang biasanya digunakan sebagai pertahanan tubuh.Pada seseorang dengan kondisi leukemia, sumsum tulang menghasilkan sel-sel darah putih yang abnormal sehingga tidak berfungsi dengan baik.Leukemia adalah sejenis kanker darah yang memengaruhi sel-sel darah tubuh, diproduksi oleh sumsum tulang, akhirnya menghancurkan sel-sel darah yang sehat.
 
Baca Juga : Memar Bisa Jadi Salah Satu Tanda Leukemia Anak, Ketahui Tanda Lainnya!Kanker ini bisa terjadi pada setiap usia, termasuk pada anak-anak.Sayangnya, beberapa gejala kanker ini pada anak terkadang dianggap sepele bahkan cenderung diabaikan, misalnya saja kondisi memar.
 
Memar biasa terjadi pada anak khususnya pada usia kala mereka sedang aktif dalam bermain serta aktivitas fisik lainnya.Namun, memar tanda penyakit leukimia berbeda dengan memar biasanya, Moms.Bila Moms sering melihat anak sangat mudah memar saat jatuh ringan, bisa jadi merupakan tanda dari leukimia, Moms.
 
Selain memar, ada juga 8 tanda lain yang bisa Moms perhatikan bila Si Kecil mengalaminya.1. Pendarahan hidung atau mimisanMimisan pada anak bisa disebabkan karena berbagai faktor misalnya saja cuaca panas atau cedera pada hidung.Pada leukimia, mimisan ini akan sering terjadi namun tanpa sebab yang jelas.Mimisan bisa terjadi secara konstan, pada waktu yang acak akrena pembuluh darah di hidung menjadi lebih lemah ketika anak terkena kanker ini.

2. Nafsu makan yang buruk

Ketika seorang anak dipengaruhi oleh leukemia, sel-sel bisa mulai menumpuk di lambung dan limpa.Hal ini bisa menyebabkan usus memproduksi lebih sedikit cairan dalam pencernaan, sehingga mengurangi rasa lapar.3. InfeksiBila anak Moms sering terkena infeksi tertentu dan sulit sembuh, Moms sebaiknya mewaspadai adanya gejala leukimia.Hal ini karena leukimia memengaruhi sel darah putih dan mulai menghancurkannya secara perlahan.Sel darah putih sangat penting untuk melawan penyakit dan agen penyebab infeksi, sehingga leukemia dapat menurunkan kekebalan tubuh.
 
Baca Juga : Catat, Ini 16 Daftar Jalan di Jakarta yang Ditutup Saat Malam Tahun Baru 2019 4. Sakit PerutSekilas sakit perut sering kali dikaitkan dengan masalah pencernaan seperti maag maupun infeksi usus.Namun ternyata tak hanya itu saja Moms karena sakit perut bisa juga diakibatkan oleh leukemia.Hal ini karena leukemia juga bisa memengaruhi jaringan yang ada di lambung maupun organ pencernaan lainnya.
 
5. PernapasanDarah bisa mengalir ke setiap organ tubuh, termasuk organ pernapasan, khususnya paru-paru.Oleh karena itu, gangguan pernapasan seperti kesulitan bernapas atau mengi bisa saja menjadi salah satu indikator adanya kanker leukemia.
 
6. Nyeri SendiMoms jangan anggap sepele bila Si Kecil mengeluh nyeri sendi seperti di lutut, siku, maupun punggung.Hal ini karena leukemia bisa juga memengaruhi sendi.Penumpukan sel kanker dalam darah di sekitar sendi bisa menyebabkan peradangan dan rasa sakit.
 
Baca Juga : Catat 4 Bahan Alami Agar Semut Tidak Mendekat pada Makanan di Rumah7. AnemiaAnemia adalah suatu kondisi di mana sel-sel darah merah dalam tubuh menurun yang mengakibatkan kelemahan dan gejala lainnya.Bila Moms melihat gejala anemia pada anak, seperti pusing, kelelahan, kehilangan nafsu makan, sebaiknya juga patut mewaspadai kemungkinan leukemia.8. PembengkakanGejala leukemia lain yang mungkin tampak ialah adanya pembengkakan.Jika Moms melihat ada pembengkakan di bagian-bagian seperti ketiak, sendi, leher, tulang selangka, sebaiknya wasapadai.Sel-sel kanker dapat memengaruhi kelenjar getah bening yang terletak di daerah-daerah tubuh dan menyebabkan pembengkakan.