Bahan Alami ini Lebih Efektif Meringankan Berbagai Gejala yang Menyertai Flu Daripada Obat-obatan

By Saeful Imam, Senin, 31 Desember 2018 | 14:54 WIB
Bahan alami ini lebih efektif meringankan berbagai gejala yang menyertai flu daripada obat-obatan (Kim Gunkel)

Nakita.id - Saat pergantian musim, flu banyak menyerang tanpa mengenal usia. Anak-anak adalah kelompok yang mudah dijangkiti karena imunitasnya belum berkembang optimal.

Flu disebabkan oleh virus RNA dari familia orthomyxoviridae atau yang akrab dikenal dengan virus influenza. Karena disebabkan oleh virus, sejatinya flu dapat sembuh sendiri (self-limiting desease) tanpa intervensi obat-obatan apa pun. Sebab, dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh, virus penyebab flu akan terusir. Obat flu yang beredar sebagian besar adalah untuk meringankan gejala, bukan menyembuhkan penyebabnya.

Selain itu, penggunaan obat-obatan flu untuk balita kurang disarankan. Selain tidak efektif, menurut situs American Academy of Pediatrics (AAP), penggunaan obat berisiko memicu efek samping pada tubuh Si Kecil.

Hanya saja, masih banyak orangtua yang terpaksa memberikan obat karena tidak tega melihat Si Kecil tersiksa gejala flu. Mulai hidung tersumbat, bersin-bersin, demam, batuk, dan lain-lain. Si Kecilpun akan rewel, mengeluh, susah tidur, hidung tersumbat, lemas, dan tidak nafsu makan.

Padahal, selain obat-obatan ada cara efektif dan aman untuk meringankan berbagai gejala flu yang menyerang Si Kecil, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Pakar obat-obatan herbal Dr. dr. Amarullah H. Siregar, DIHom,DN Med, MSc, MA, Ph.D mengatakan, cara kerja obat herbal berbeda dari obat-obatan konvensional.

Obat konvensional sifatnya menekan gejala yang muncul, sedangkan obat herbal lebih bersifat menstimulasi, memberdayakan, dan membangun sistem pertahanan tubuh. Obat-obatan alami bertumpu pada penyebab dan tidak sekadar menghilangkan gejala yang muncul.

Untuk meringankan berbagai gejala flu, para orangtua dapat menggunakan berbagai bahan alami yang dapat ditemukan dan diolah di rumah, diantaranya:

Manfaatnya

Chamomile adalah bunga yang terkenal di Eropa, Amerika, dan negara yang memiliki 4 musim. Bukan saja bentuknya yang indah dipandang, tapi juga khasiatnya bagi kesehatan.

Ekstrak bunga chamomile bermanfaat untuk meredakan gangguan pernapasan, meredakan rasa sakit, juga menghangatkan badan. Aromanya yang segar alami juga membuat Si Kecil rileks, sehingga membantu penyembuhan flunya.

Bunga chamomile banyak dijual di pasaran, baik berbentuk teh yang dapat diseduh maupun ekstrak berupa minyak.

Jahe memiliki zat gingerol yang bermanfaat untuk tubuh. Sifatnya yang diaphoretic, membuat jahe efektif menghangatkan tubuh dari dalam dan memicu keluarnya keringat. Jahe juga membantu melegakan napas dan tenggorokan sehingga baik untuk mengatasi gangguan Flu dan pilek pada Si Kecil.