Apakah Usia Kehamilan Ibu di Atas 20 Minggu? Yuk, Lakukan Yoga! Bukan Cuma Bikin Sehat, Proses Persalinan Pun Jadi Lancar

By je, Rabu, 18 Oktober 2017 | 06:45 WIB
Manfaat Yoga Bagi Kehamilan (je)

Nakita.id - Umumnya, menginjak  usia kehamilan 20 minggu, Ibu mulai merasakan perubahan badan dan mengalami berbagai keluhan. Selain perut semakin membuncit, berat badan Ibu juga bertambah.

Oleh karenanya, bagi ibu hamil yang kandungannya sudah memasuki usia 20 minggu ke atas, disarankan untuk melakukan yoga atau senam hamil.

Baca juga : Membangun Kedekatan Dengan Janin

Yoga sendiri merupakan jenis olahraga yang digemari oleh kebanyakan Ibu hamil. Pasalnya, gerakan yoga biasanya dipusatkan di sekitar panggul, pinggul, perut, dan tulang belakang.

Selain itu, yoga memiliki beragam manfaat yang bisa Ibu rasakan setelah mengikutinya.

  1. Kualitas tidur jadi lebih baik.

Kondisi perut yang kian membesar, mengakibatkan pinggang dan kaki kerap terasa pegal. Belum lagi kondisi susah tidur akibat kesulitan bernapas pada malam hari. Nah, gerakan yoga bisa membuat kualitas tidur Ibu lebih nyenyak dan bangun tidur pun lebih fresh.

  1. Memiliki masa kehamilan yang lebih sehat.

Ibu hamil yang sehat akan cenderung memiliki bayi yang sehat juga. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complimentary Medicine, seperti dipaparkan pada laman parents.com, mengungkapkan bahwa wanita yang rutin berlatih yoga selama kehamilan, cenderung tidak melahirkan bayi prematur ataupun bayi dengan berat lahir rendah.

Baca juga : Yoga Dapat Mencegah Demensia

  1. Mengendurkan otot kaki.

Semakin sering ibu hamil beraktivitas dan melakukan gerakan yoga, akan membuat otot yang kaku menjadi kendur. Hal ini baik untuk mempersiapkan persalinan, sehingga kondisi otot kaki bisa rileks saat proses mengejan nanti.

  1. Latihan pernapasan.

Gerakan yoga yang beragam juga berguna untuk melatih pernapasan. Ambil napas dan buang napas secara teratur di setiap gerakan akan melatih napas Ibu menjadi panjang ketika memasuki proses persalinan nanti.

Baca juga : Pernapasan Yoga Bikin Mama Hamil Tenang