Usia Ibu Belum Genap 30 Tahun, Tetapi Sudah Muncul Rambut Putih Alias Uban. Inilah 4 Penyebab Rambut Cepat Beruban!

By je, Rabu, 18 Oktober 2017 | 08:30 WIB
Faktor Rambut Cepat Beruban (je)

Nakita.id - Seperti keriput, tumbuhnya uban merupakan tanda penuaan yang jelas terlihat. Umumnya, rambut beruban mulai muncul pada usia 30-an, meski ada juga Ibu yang mulai banyak berubah pada usia 20-an. Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan uban tumbuh lebih awal.

Baca juga : Jumlah Rambut Rontok yang Harus Diwaspadai

1. Genetik

Fenomena tubuh kita sebagian didapatkan dari orangtua, termasuk warna rambut. Jadi, jika salah satu dari orangtua Ibu ada yang cepat beruban, maka Ibu cenderung mengalami hal yang sama.

Faktor genetik memang memegang peran penting mengenai kapan kita akan kehilangan pigmen. Dilansir dalam laman kompas.com, Carolyn Jacob, MD, ahli bedah kosmetik dan dermatologis mengatakan, "Kalau kedua orangtua Anda mendapatkan uban secara prematur, maka Anda pun bisa lebih cepat berubah daripada wanita seusia Anda."

Selain itu, bila Ibu memiliki rambut hitam legam, justru cenderung lebih cepat berubah daripada Ibu yang memiliki warna rambut kecokelatan atau pirang.

2. Merokok

Ya, merokok adalah salah satu faktor tumbuhnya uban. Penyebab utamanya adalah radikal bebas yang diproduksi ketika merokok. Tidak hanya tumbuh uban lebih awal, merokok juga bisa menyebabkan tumbuhnya keriput dan gigi yang menguning.

Baca juga : Rambut Bayi Harus Digundul Agar Tebal?

3. Stres

Stres yang Ibu alami dari hari ke hari, mungkin tidak berpengaruh terhadap warna rambut, melainkan rasa gelisah atau tegang-lah sebagai penyebab kuat tumbuhnya uban. Meski belum ada penjelasan dari ilmu pasti mengenai hal ini, tetapi bisa saja memengaruhi perubahan dalam pigmentas dan siklus rambut.

Baca juga : Nanas Ampuh Melawan Ketombe dan Rambut Rontok

4. Kondisi Medis

Faktor ini terbilang jarang, tetapi kondisi metabolik tertentu, kekurangan beberapa zat gizi, serta kelainan genetik, juga bisa menyebabkan rambut beruban. Konsumsilah makanan, seperti telur dan ikan, sebagai sumber protein.