Ini yang Harus Dilakukan agar Pengalaman Terkaparnya Vloger Ria Ricis di Rumah Sakit Gara-Gara Alergi Obat, Tidak Terjadi Pada Kita dan Anak

By je, Kamis, 19 Oktober 2017 | 08:00 WIB
Pengalaman terkaparnya Ria Ricis di rumah sakit gara-gara alergi obat (je)

Nakita.id - Mencegah alergi obat, salah satunya dengan cara melakukan tes alergi. Akan tetapi, hal itu tidak bisa menjamin 100%. Pasalnya, jenis obat yang beredar di pasaran banyak sekali. Lantas, apa yang harus dilakukan agar pengalaman terkaparnya vloger Ria Ricis di Rumah Sakit gara-gara alergi obat, tidak terjadi pada kita dan anak?

Nah, berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah alergi obat:

* Perhatikan riwayat kesehatan keluarga.

Jika salah satu atau kedua orangtua pernah mengalami alergi obat, beritahukan atau informasikan kepada dokter yang memeriksa si kecil. Bakat alergi tersebut kemungkinan menurun pada anak.

Penderita alergi suatu obat biasanya akan mendapat surat keterangan/catatan di dalam rekam medisnya agar saat berobat tak diberi obat alergen.

Baca juga: Gara-gara Salah Obat, Ria Ricis Vloger Milyuner Indonesia Masuk Rumah Sakit dan Harus Menggunakan Alat Bantu Medis

* Buat catatan obat.

Catat dengan baik, obat apa saja yang pernah digunakan dan menimbulkan alergi. Catat juga obat yang "aman" atau tak menimbulkan alergi. Kalau memang ada riwayat alergi penisilin, umpamanya, mintalah pada dokter untuk meresepkan antibiotik lain yang tidak mengandung penisilin.

* Tidak minum obat sembarangan.

Apalagi obat-obatan yang memang harus berdasarkan resep dokter.

* Minumlah obat seperlunya saja.

Jangan setiap kali merasa sakit, lalu minum obat sebanyak-banyaknya.

* Hindari obat alergen.

Langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah mencegah terjadinya alergi obat. Jadi sekali lagi, hindari obat alergen atau pencetus alergi.