Usai Bersalin, Anak Kedua Winda “Idol” Viska Masuk Inkubator, Akhirnya Bingung Puting dan Kuning

By je, Kamis, 19 Oktober 2017 | 23:30 WIB
Anak kedua Winda masuk inkubator dan kuning (je)

Nakita.id - Drama proses persalinan yang menegangkan penyanyi Winda “Idol” Viska, masih berlanjut hingga proses menyusui dan perawatan si kecil Mahesa Mulya Tan (10 hari) yang mengalami kuning.

Menurut istri dari  Mulyadi Tan (31) ini, setelah bersalin, dirinya tidak bisa langsung menyusui karena Mahesa yang lahir prematur harus segera masuk inkubator. “Walau begitu, Mahesa tetap mendapat ASI perah saya. Nah, hari ke-5 dan saat itu sudah di rumah, baru, deh, ketahuan jika Mahesa bingung puting.”

Baca juga: 3 Kunci Merawat Bayi Kuning di Rumah

Awalnya terdeteksi bingung puting karena di rumah, Mahesa rewel dan tidak bisa didiamkan. “Disusui pun tidak bisa. Lalu saya sadar ini, kan, bingung puting. Duh, saat itu saya mulai panik, orang rumah bingung, jadinya kacau balau, deh, pokoknya. Untungnya, kita semua bisa cepat mengendalikan keadaan, saya terus berusaha memberikan ASI kepada Mahesa dengan sabar dan perlahan-lahan,” cerita pemain sitkom OB ini, yang juga mengatakan, dirinya berjuang habis-habisan supaya anak keduanya ini bisa mendapatkan ASI yang cukup.

Drama selanjutnya hari ke-7 saat kontrol ke dokter. Oleh dokter, Mahesa disarankan untuk dirawat foto terapi karena kuning. Setelah dicek darah, menurut analisis dokter, nilai 16 untuk bilirubin Mahesa yang lahir prematur harus difoto terapi. Kalau tidak, berbahaya, apalagi jika sudah sampai ke otak.

Baca juga: Anak Bingung Puting

“Singkat cerita, walau berat, akhirnya Mahesa dirawat untuk menjalani foto terapi dengan sinar biru. Tapi saat itu saya nego harus bisa menyusui Mahasa langsung, dengan alasan Mahesa bingung puting.” Alhamdulillah, jels Winda, akhirnya dia boleh menunggui Mahesa selama dirawat supaya bisa menyusui langsung.

Jadi, selama Mahesa dirawat, Winda dengan setia dan sabar menunggu di depan pintu kamar rawat, “Setiap dua jam sekali dipanggil untuk menyusui Mahesa, begitu juga jika Mahesa menangis.” Syukur alhamdulillah, lanjut Winda saat diwawancara via telepon, esok harinya Mahesa boleh pulang karena sudah tidak kuning.

"Sekarang ini PR besar saya, adalah Mahesa itu menyusunya kurang kuat, tidak seperti kakaknya, Willis Mulya Tan (3). Juga, anaknya lebih banyak tidur, jadi suka saya bangunin setiap 2 jam sekali untuk menyusu. Kenapa, ya? Jadi agak-agak gimana gitu…” bilang Winda yang masih kebingungan dengan kondisi anak bungsunya ini.