Seram! Senam Bayi, Kok, Begini? Ada Videonya, 35 Detik!

By je, Selasa, 24 Oktober 2017 | 00:00 WIB
Senam Bayi Seram (je)

Nakita.id – Dua hari lalu nakita menerima sebuah pesan WhatsApp video berjudul “Senam Bayi”, dengan visual cover-nya bayi dan seorang wanita berpakaian seperti perawat. Tapi saat video itu di-play, langsung napas ini berhenti beberapa detik karena kaget dan takut. Pasalnya, apa yang yang dilihat dalam tayangan video tersebut sungguh di luar nalar: bayi diputar-putar, dijungkirbalikkan layaknya atlet senam saat sedang beraksi di arena.

Dalam video berdurasi 35 detik itu diperlihatkan dengan jelas sekali, pada permulaan senam, oleh si wanita, bayi digantung dengan cara memegang kedua kakinya, kepala bayi berada di bawah tanpa ada penyangga apa pun alias menjuntai begitu saja. Lalu, kaki bayi, oleh kedua tangan si wanita, digerak-gerakkan seperi orang berjalan.

Baca juga: Pijat Bayi Bisa Menurunkan Angka Kematian Bayi

Setelah itu, bayi diangkat oleh si wanita dan didudukkan dengan posisi mengangkang di kedua lengan si wanita, persis di depan dadanya. Posisi bayi membelakangi si wanita. Berikutnya, kedua tangan si wanita menggenggam kedua tangan bayi. Sejurus kemudian, bayi dicondongkan ke depan sehingga salto sambil kedua tangan bayi diangkat ke atas, sehingga posisi bayi menggantung kembali, tapi kali ini dengan posisi kepala di atas dan tangan menjulur ke atas digenggam oleh si wanita.

Tak sampai disitu. Si wanita lalu menggerakkan kedua tangan bayi ke samping dengan cepat, sehingga bayi yang menggantung tadi loncat-loncat ke atas, lalu si wanita mengayun-ayun bayi ke samping kanan dan kiri dengan cepat.

Entah apa tujuan dari senam superekstrem ini, yang jelas, salah mengayun bayi saja bisa fatal akibatnya karena bisa memicu terjadinya shaken baby syndrome. Apa itu shaken baby syndrome?

Menurut Centers of Disease Control and Prevention, shaken baby syndrome adalah bentuk trauma keras pada kepala (abusive head trauma) dan bentuk luka traumatik pada otak yang di akibatkan oleh orang lain secara sengaja (inflicted traumatic brain injury). Adapun akibat dari shaken baby syndrome ialah mengalami perdarahan pada otak, kebutaan, cedera pada bagian leher dan tulang belakang, serta kerusakan retina.

Berikut ini gejala shaken baby syndrome:

Untuk melihat seperti apa seramnya senam bayi model teraneh ini, bisa klik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=5eEws3bY4Fo