Stop Kebiasan Tumpang Kaki Jika Tak Ingin Mengalami Kelumpuhan

By je, Kamis, 26 Oktober 2017 | 03:30 WIB
Tumpang kaki (je)

Nakita.id - Sepertinya hampir semua orang pernah melakukan tumpang kaki. Umumnya, tumpang kaki dilakukan seseorang saat santai, melamun. Namun, menurut Dr. Dasha Fielder, seperti dipaparkan dalam laman www.nowtolove.com.au (16 Maret 2016), tumpang kaki bukan posisi terbaik untuk tubuh. Karenanya, setelah membaca informasi ini sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut Fielder, "Melakukan tumpang kaki besar kemungkinan mengalami masalah pinggul, panggul, dan tulang belakang.” Yang harus mulai dibiasakan, lanjutnya, mempertahankan postur tegak lurus, punggung lurus dengan kaki menapak sempurna di lantai. Posisi duduk seperti itu menghindari tekanan berlebihan pada pinggul, panggul, dan tulang belakang.

Baca juga: Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Kematian. Ini Alasan Medisnya

Ada pula yang menyatakan tumpang kaki alias cross legs sebaiknya dihindari karena 5 alasan berikut:

1. Menyebabkan kelumpuhan saraf peroneal.

Mempertahankan postur tubuh tertentu dalam waktu lama dapat menyebabkan kelumpuhan saraf peroneal. Hal ini juga bisa terjadi jika duduk pada posisi yang sama untuk jangka waktu lama. Tapi posisi yang paling mungkin menyebabkan palsi pada saraf peroneal adalah tumpang kaki.

2. Memicu peningkatan tekanan darah.

Ada yang menyakini hal ini, duduk lama dengan tumpang kaki membuat tekanan darah di tubuh meningkat, meskipun tidak memiliki masalah dengan tekanan darah. Akan tetapi,  hal ini tidak diyakini oleh Fielder.

3. Menyebabkan ketidakseimbangan panggul.

Tumpang kaki dalam waktu lama dapat membuat otot paha bagian dalam lebih pendek dan otot paha bagian luar lebih panjang, kondisi ini menyebabkan sendi berisiko bergerak keluar dari tempatnya.

4. Meningkatkan kemungkinan Anda mengembangkan Spider Veins alias varises.

Meski faktor penyumbang terbesar untuk varises adalah gen, ternyata tumpang kaki juga ikut berperan. Sering melakukan tumpang kaki bisa menyebabkan radang pada vena di kaki dan hal ini dapat menyebabkan pembekuan darah di kaki sehingga pembuluh darah pun membengkak.

5. Membuat postur tumbuh bungkuk.