Bayi Tidur Siang Kelamaan, Dibiarkan Atau Dibangunkan?

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 31 Oktober 2017 | 05:00 WIB
Langkah Mudah Mengatasi Bayi Susah Tidur Siang (Gisela Niken)

Nakita.id - Setiap bayi membutuhkan waktu tidur lebih lama, tidak hanya tidur di malam hari tapi juga di siang hari. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan di Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Sciences di Leipzig, Jerman menunjukkan, tidur siang sangat penting untuk membantu bayi bisa cepat berbicara.

Karena bayi yang baru lahir tidak memiliki konsep siang atau malam, mereka sering tidur dalam waktu lama setiap saat dan sepanjang hari. Konsultan tidur Victoria Donna McLachlan mengatakan, bayi tidak memerlukan jadwal tidur dalam empat minggu pertama.

Semua bayi di usia ini butuh tidur, jadi begitu mereka selesai diberi makan, bayi akan terbangun ketika merasa lapar.

Namun kalau tidurnya kelamaan, Ibu boleh, kok, membangunkan tidur siang si kecil kok, apalagi jika ia belum makan lagi dalam beberapa jam.

Ibu harus membangunkan bayi untuk memastikan ia mendapat asupan makan setiap beberapa jam, kata Tracey Bridger, paediatric endocrinologist di St. John’s. Regular Hospital. Paling tidak sampai bayi mendapatkan kembali berat lahirnya yang ideal.

Menurut spesialis tidur anak-anak dan Profesor Robyn Stremler dari University of Toronto, membangunkan bayi baru lahir dari tidur siang yang panjang untuk memberi makan mampu memberi sinyal kepada mereka untuk lebih aktif pada siang hari.

Baca juga : Langkah Mudah Mengatasi Bayi Susah Tidur Siang

Tapi, begitu bayi memiliki berat badan yang sehat, buang air kecil dan buang air besar secara teratur setelah beberapa minggu pertama, maka Ibu bisa membiarkan bayi tidur siang dengan pulas dan bangun untuk makan nanti.

Ibu juga bisa membangunkan bayi saat tidur siang guna membentuk rutinitas atau saat si kecil melewatkan rutinitas tidur siangnya. Percayalah, sekitar usia empat atau lima bulan, bayi telah membentuk siklus tidur yang cukup teratur.

Untuk menjaga agar bayi tetap pada pola makan-bermain-tidur yang tepat di siang hari, yang membantu mereka tidur nyenyak di malam hari, Victoria McLachlan merekomendasikan agar bayi tetap berpegang pada jadwal siang hari dan membangunkan mereka jika dibutuhkan saja.

Dengan kata lain, bersiaplah untuk membangunkan bayi sebelum mereka tidur lebih lama di siang hari. Ibu juga bisa membangunkan tidur siangnya kala bayi sedang sakit. Tracey mengatakan, semua bayi membutuhkan sedikit tidur ekstra guna melawan penyakit.

Baca juga : Rajin Tidur Siang Membuat Anak Cepat Belajar Kata-kata Baru