Kondisi Kesehatan Bisa Dilihat Dari Puting Payudaranya

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 31 Oktober 2017 | 08:45 WIB
Di dunia ini, ada sekitar 15% perempuan lahir dengan keadaan puting tenggelam sehingga merupakan hal yang wajar (Santi Hartono)

Nakita.id.- Dikutip  dari Women's Health, ternyata kita bisa menelisik kondisi kesehatan seseorang dari puting payudaranya. Namun demikian, untuk memastikan tetap perlu bantuan dokter agar didapat diagnosis yang tepat.

1. Puting kemerahan Apabila Ibu tidak melakukan aktivitas yang berat namun ada perubahan dari puting seperti berwarna merah, gatal, bersisik, dan atau mengelupas, segera ke dokter karena ini dapat menjadi pertanda penyakit Paget yakni kanker langka yang melibatkan puting susu dan areola. Namun bisa juga merupakan eksim biasa. Untuk memastikannya, Ibu butuh bantuan dokter lebih lanjut.

Baca juga: Puting Mendelep Membuat Bayi Sulit Menyusu

2. Puting mengeluarkan cairan Ketika payudara diperas, bisa saja keluar cairan seperti susu, cairan berwarna hijau kebiru-biruan, atau bening, jelas Leah S. Gendler, MD, ahli bedah payudara dari Morristown Medical Center di New Jersey. Tapi jika kita tidak memeras dan kemudian darah, atau cairan tersebut hanya keluar dari satu puting itu mungkin pertanda kista jinak atau kanker payudara. 3. Puting berbulu Mungkin saja tumbuh bulu di area sekitaran puting. Namun jila folikel rambut halus ini menjadi menyakitkan, bahkan tumbuh lebih besar dan membuat  Ibu merasa gatal, ini bisa jadi adalah tanda infeksi atau pertanda kanker.

Baca juga: Puting Payudara Menghitam Saat Hamil Pertanda Apa 4. Puting tenggelam Di dunia ini, ada sekitar 15% perempuan lahir dengan keadaan puting tenggelam sehingga merupakan hal yang wajar. “Hanya perlu tindakan operasi minor untuk membetulkan bentuk puting tersebut,” kata kata Z. Paul Lorenc, MD, ahli bedah plastik asal New York. (*)