Nutrisi Tepat Saat Hamil, Bayi Sehat dan Cerdas

By Saeful Imam, Kamis, 2 November 2017 | 06:00 WIB
Seminar nakita dan vidoran Ibunda di RS Tugu Ibu Depok (Saeful Imam)

Nakita.id - Sabtu, (14/10) lalu, Bertempat di aula Rumah Sakit Tugu Ibu, Jl Raya Bogor KM 29, Cimanggis, Depok. Tabloid nakita bekerjasama dengan susu vidora­n Ibunda menggelar talkshow bertema, “Nutrisi Tepat Selama Masa Kehamilan.”

Tampil sebagai pembicara, dr Essa Manassa Resti, SpOG. Ia menjelaskan, kehamilan dan nutrisi adalah dua hal yang berperan dan berkaitan. “Kehamilan sehat berawal dari nutrisi sehat. Bila ibu ingin kehamilannya lancar, juga bayinya sehat dan cerdas, penuhi kecukupan nutrisi saat hamil.”

Dengan nutrisi tepat selama masa ke­hamilan memberikan manfaat bagi ibu dan  janin. Bahkan, manfaat ini akan terus dirasakan setelah buah hati lahir kelak.   Nutrisi tepat jugat dukung perkembangan otak optimal. “Kondisi ini menjadi modal penting bagi kemampuan kognitif dan edukasional buah hati setelah lahir.”

Nutrisi juga berkontribusi pada pertumbuh­an fisik janin, juga daya tahan tubuhnya. “Kalau nutrisi saat hamil cukup, saat lahir daya tahan tubuhnya akan kuat, fungsi fisiknya juga maksimal,” tutur dokter yang sudah memiliki dua anak ini.

Selain itu, nutrisi juga penting dalam pengaturan metabolism di dalam tubuh, sehingga berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, hipertensi, dan lainnya dapat dihindari.

Bila ibu hamil kurang nutrisi dikhawatirkan bayi yang dilahirkannya nanti punya berat badan rendah, memiliki kemampuan belajar yang kurang, bahkan mengalami berbagai gangguan bawaan.

Dr Essa mengajak ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan me­ngonsumsi karbohidrat (55%), lemak hewani dan nabati (35%), dan protein serta sayuran (10%). Salah satu sumber protein terbaik adalah susu, yang penting untuk janin, pertumbuhan plasenta, air ke­tuban, dan da­rah. “Susu juga ka­ya kalsium se­hingga dapat mem­perkuat per­tumbuhan tulang ibu juga janin di dalam kan­dung­an.”

Nutrisi selama kehamilan yang pen­ting lainnya ada­lah asam fo­lat. “Kecukupan asam folat untuk mencegah ke­cacatan pada janin,” tegasnya.

Senada dengan dr Essa, Nita Novita, Product Manager susu vidoran Ibunda mengatakan, susu vidoran Ibunda menjadi pilihan untuk memenuhi kecukupan nutrisi saat hamil.

Sebab, susu vidoran Ibunda adalah susu ibu hamil pertama dengan Cod Liver Oil atau minyak hati ikan cod. “Selain kaya omega 3 (DHA & EPA) serta tinggi vitamin A dan D alami. Minyak hati ikan Kod ini berasal dari ikan cod yang hidup di perairan laut dalam, sehingga bebas dari kontaminasi. ”Minyak hati ikan cod ini berperan dalam mengoptimalkan tumbuh kembang jaringan otak janin, juga memaksimalkan fungsi penglihatan bayi. 

Susu vidoran Ibunda ini juga mengandung kalsium untuk membentuk dan memper­tahankan kepadatan tulang dan gigi, asam folat untuk pertumbuhan dan pembelahan sel serta memelihara tumbuh kembang janin. Asam linoleat untuk tumbuh kembang janin, juga kacang hijau yang kaya asam folat untuk menghindari risiko bayi lahir cacat serta mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan  kekuatan pada ibu hamil agar tidak mudah lelah.  

Saat ini susu vidoran Ibunda tersedia dalam dua varian rasa, yaitu vanilla kacang hijau dan cokelat. “Rasa cokelat sangat diminati para ibu hamil karena selain rasanya yang enak, membuat relaks, dan dapat disajikan panas maupun dingin.” 

Tidak hanya nutrisi, ibu hamil juga perlu rutin melakukan senam hamil agar proses persalin­an lancar. Kali ini, Bidan Siti memperlihatkan bagaimana gerakan senam hamil langkah demi langkah. Hal yang paling penting, ungkap Siti, lakukan senam hamil dengan relaks serta pastikan ibu hamil melakukannya dengan bantuan ahli. “Jangan sekali-kali melakukan senam hamil tanpa pendampingan ahli, apalagi bila ibu hamil belum berpengalaman karena dikhawatirkan menyebabkan cedera atau gangguan. ”Dengan se­nam hamil rutin dan teratur, 2-4 kali seminggu, ibu hamil siap fisik dan mental untuk melahirkan. 

Seperti biasanya, acara Sharing Moment nakita – vidoran diakhiri dengan berbagai kuis, doorprize, dan bagi-bagi hadiah. Peserta yang berjumlah lebih dari 100 ibu hamil ini menyambutnya dengan senang.