Enam Alasan Perempuan Tak Nyaman Ketika Hamil Trimester Pertama

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 6 November 2017 | 02:30 WIB
Mual dan Muntah Saat Hamil Tanda Bayi Sehat (Ipoel )

Nakita.id - Selain rasa bahagia menantikan setiap perkembangan janin dalam perut, sebagian besar waktu ibu hamil akan diisi dengan berbagai keluhan.

Aneka keluhan yang biasa dialami ibu hamil di trimester awal, misalnya tentang hormon, sering lelah, mual -muntah, dan lain sebagainya.

Baca juga : Makanan yang Tepat untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Berikut 6 alasan perempuan tak nyaman saat hamil di trimester pertama:

1. Harus "rela" menyembunyikan kehamilan. 

Sering kan mendengar nasihat agar sebaiknya kita tak buru-buru mengumumkan kelahiran? Padahal, hal ini  malah membuat ibu hamil jadi stres, lo. Soalnya, menurut survei, setiap perempuan benci saat harus merahasiakan kehamilannya. Hal ini karena rentannya risiko keguguran atau komplikasi lain yang terjadi pada minggu-minggu pertama kehamilan. Makanya, kebanyakan akan menunggu sampai 12 minggu sebelum posting berita kehamilannya di media sosial.

2. Mual dan muntah yang tak berkesudahan. 

Sindrom ibu hamil yang banyak dialami pada trimester pertama adalah mual dan muntah akibat morning sickness. Mual yang sering ini juga memengaruhi waktu tidur berkualitas sehari-hari. Selain mual, ibu hamil juga sering merasakan pusing dan cepat lelah dalam melakukan aktivitas normal.

3. Baju tidak ada yang muat.

Begitu hamil, perut kian hari kian membuncit. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap ukuran baju dan celana yang semakin sempit dan tak bisa digunakan saat ini. Bahkan di akhir kehamilan, ukuran yang masuk bisa bertambah tiga kali lipat dari ukuran baju dan celana semula.

(Baca juga : 8 Kebiasaan yang Meningkatkan Kehamilan Sehat di Trimester Pertama)

4. Sulit menerima makanan.