Penting! Manikur dan Pedikur Saat Hamil

By je, Minggu, 5 November 2017 | 22:15 WIB
Kondisi kesehatan bisa dilihat dari penampilan kuku (Dini Felicitas)

nakita.id - Manikur dan pedikur sangat menyenangkan. Apalagi Ibu melakukannya saat hamil. Selain bisa memanjakan diri, manikur dan pedikur juga akan membuat Ibu jadi bersih, sehat, dan cantik tentunya. Apalagi bagi ibu hamil di trimester tiga, pedikur bisa membuat kaki nyaman tak pegal, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi pembengkakan di kaki. Pastikan pedikur tidak memijat daerah antara ankle bone dan tumit, itu bisa memicu kontraksi.

Baca juga: Tip Mengatasi Kaki Kram Agar Ibu Bisa Menjalani Kehamilan Dengan Nyaman

Jadi jangan ragu dan takut bagi ibu hamil untuk melakukan manikur dan pedikur, baik di rumah maupun di salon. Hanya saja perhatikan kondisi salon. Pilih salon yang bersih, sehat, dan mempunyai ventilasi udara baik. Kalau bisa, tempat Ibu bermanja-manja ini tidak menyatu dengan mereka yang sedang menata rambut, semisal penggunaan hair spray, mengecat atau mengeriting rambut. Pasalnya, bau bahan kimia yang digunakan bisa menimbulkan masalah pada ibu hamil.

Penting pula diperhatikan, pastikan peralatan mani-pedi yang digunakan dalam kondisi sempurna, bersih, dan sehat. Kalau bisa, gunakan yang baru alias belum pernah dipakai orang lain atau alatnya menggunakan milik pribadi.